Pengembangan buku ajar digital geografi berbasis critical spatial thinking dengan desain garry cambers / Yuli Yana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar digital geografi berbasis critical spatial thinking dengan desain garry cambers / Yuli Yana

Yana, Yuli (2021) Pengembangan buku ajar digital geografi berbasis critical spatial thinking dengan desain garry cambers / Yuli Yana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yana Yuli. 2021. Pengembangan Buku Ajar Digital Geografi Berbasis Critical Spatial Thinking Dengan Desain Garry Cambers Program S2 Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Budi Handoyo M.Si Kata Kunci pengembangan buku ajar digital geografi Perkembangan dunia pendidikan pada abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran. Kondisi yang demikian berpengaruh terhadap perubahan kebutuhan buku ajar sebagai sumber belajar. Faktanya buku ajar yang digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran masih berupa buku ajar cetak dan berbasis konten sehingga kurang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan Buku Ajar Digital Berbasis Critical Spatial Thinking dengan Desain Garry Cambers. Model pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIR yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu (1) menganalisis kinerja pembelajaran menganalisis kompetensi dasar 3.6 dan analisis kebutuhan belajar peserta didik meliputi jenis buku isi materi dan media. (2) Menyusun desain buku dengan tahap penentuan judul buku kompetensi dasar materi informasi pendukung kegiatan peserta didik dan evaluasi (3) mewujudkan buku. (4) melakukan uji coba produk kepada 2 validator materi dan media serta melakukan uji coba kepada peserta didik. (5) menganalisis hasil uji coba produk. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa persentase tingkat kelayakan buku ajar di kelas I-1 dan H-1 sebanyak 90 25% yang artinya sangat layak digunakan. Sedangkan hasil tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai pada rentang 86-100 dengan persentase sebanyak 53%. Hasil tersebut menunjukan bahwa peserta didik memiliki kriteria tingkat pemahaman yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263130

Actions (login required)

View Item View Item