Pengaruh perasan daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap daya ingat mencit (Mus musculus) galus Balb C jantan / Addin Najmal Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perasan daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap daya ingat mencit (Mus musculus) galus Balb C jantan / Addin Najmal Muttaqin

Muttaqin, Addin Najmal (2010) Pengaruh perasan daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap daya ingat mencit (Mus musculus) galus Balb C jantan / Addin Najmal Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci team assisted individualization aktivitas kooperatif hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Negeri 3 Malang kendala utama yang terjadi selama proses pembelajaran adalah aktivitas kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah serta nuansa belajar kompetitif yang dapat menghambat perkembangan psikologis siswa. Rendahnya aktivitas kooperatif disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu terutama metode ceramah. Metode ini kurang melibatkan siswa secara langsung sehingga banyak siswa yang mengerjakan tugas matapelajaran lain saat jam pelajaran biologi pasif sikap tenggang rasa dan saling menghargai terhadap temannya masih kurang serta menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Siswa yang berkemampuan tinggi enggan berbagi informasi kepada siswa yang berkemampuan rendah karena dianggap akan menjadi saingan. Perlu dilakukan upaya pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar yang diraih siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 Malang. Pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok yang mendorong dan membantu siswa dalam menguasai materi yang sedang dipelajari saling menghargai serta menumbuhkan suatu kesadaran bahwa belajar itu penting dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar kognitif melalui model pembelajaran kooperatif TAI pada pelajaran biologi dengan materi Fungi kelas X di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus siklus I terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri atas tiga kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dari bulan November sampai dengan Desember pada semester 1 tahun ajaran 2009-2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas kooperatif catatan lapangan dan tes akhir siklus. Aktivitas kooperatif siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase aktivitas kooperatif secara klasikal pada setiap kelompok. Hasil belajar kognitif siswa diukur berdasarkan peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TAI dapat disimpulkan bahwa 1) roling kelompok dan team teaching yang dilakukan pada siklus II menjadikan pembelajaran lebih efektif 2) aktivitas kooperatif siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah guru melakukan roling kelompok dalam menerapkan TAI yaitu pada siklus I sebesar 67 22% kemudian meningkat menjadi 76 94% pada siklus II 3) hasil belajar kognitif siswa yang dilihat berdasarkan kentuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan yang signifikan setelah guru melakukan team teaching dalam menerapkan TAI yaitu pada siklus I sebesar 61 29% kemudian meningkat menjadi 87 1% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan 1) guru lebih memperhatikan deskriptor dapat menyelesaikan beda pendapat yaitu guru harus lebih sering memberi penguatan terhadap jawaban siswa dan menjadi penengah dalam diskusi kelompok 2) mengembangkan media pembelajaran dengan menampilkan contoh animasi atau film singkat yang terkait dengan materi untuk membantu siswa mencapai kognitif tingkat tinggi (menganalisis mengevaluasi dan mencipta) 3) guru melaksanakan team teaching agar proses pembelajaran lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26313

Actions (login required)

View Item View Item