Pengaruh model problem based learning (pbl) berbasis think pair share (tps) terhadap kemampuan berpikir analitis dalam perspektif kecerdasan visual spasial / Duwi Setiyo Wigati Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning (pbl) berbasis think pair share (tps) terhadap kemampuan berpikir analitis dalam perspektif kecerdasan visual spasial / Duwi Setiyo Wigati Ningsih

Ningsih, Duwi Setiyo Wigati (2022) Pengaruh model problem based learning (pbl) berbasis think pair share (tps) terhadap kemampuan berpikir analitis dalam perspektif kecerdasan visual spasial / Duwi Setiyo Wigati Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problem Based Learning (PBL) berbasis Think Pair Share (TPS) merupakan kombinasi dua model konstruktivisme yang menggabungkan proses berpikir dan pemecahan masalah dalam kelompok berpasangan menggunakan lingkungan sekitar sebagai pokok pembelajaran. Kombinasi kedua model dapat meningkatkan proses berpikir analitis ditinjau dari indikator memeriksa jawaban evaluasi kesimpulan menggambarkan kesimpulan sesuai informasi dan fakta menggunakan data pendukung jawaban dan mengenali sekaligus membedakan faktor penyebab peristiwa. Penggabungan kedua model pada topik pembelajaran Geografi merangsang kemampuan berpikir analitis siswa. Upaya untuk meningkatan kemampuan berpikir analitis menjadi lebih unggul apabila dilakukan dengan memerhatikan kecerdasan berganda yang dimiliki siswa salah satunya dengan kecerdasan visual spasial. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh model PBL berbasis TPS terhadap kemampuan berpikir analitis dan (2) mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan berpikir analitis. Data kemampuan berpikir analitis diperoleh dengan menggunakan tes esai sedangkan data kecerdasan visual diperoleh dengan menggunakan angket. Rancangan penelitian menggunakan quasi-experimental dengan desain pretest and posttest only control. Perolehan data berupa nilai gain score kemampuan berpikir analitis dan tingkat kecerdasan visual spasial kelompok eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji faktorial anova dua jalur. Penelitian dilakukan di MAN Kota Batu pada kelas XI IPS 1 dan 3. Kelompok eksperimen berasal dari kelas XI IPS 3 dan kelompok kontrol dari kelas XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model PBL berbasis TPS terhadap kemampuan berpikir analitis dan (2) terdapat pengaruh perbedaan tingkatan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan berpikir analitis yang menandakan adanya interaksi variabel yang diujikan. Saran diajukan kepada pihak pertama yaitu guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan model PBL berbasis TPS untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pihak kedua yaitu sekolah dapat mendukung untuk menyediakan sumberdaya infrastruktur bagi pengembangan kedua model dan pihak ketiga yaitu peneliti selanjutnya dapat memadukan kedua model dengan model lain sesuai kebutuhan dan sasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263126

Actions (login required)

View Item View Item