Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis padlet pada mata pelajaran geografi materi vulkanisme Kelas X Sekolah Menengah Atas / Khairunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis padlet pada mata pelajaran geografi materi vulkanisme Kelas X Sekolah Menengah Atas / Khairunnisa

Khairunnisa (2022) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis padlet pada mata pelajaran geografi materi vulkanisme Kelas X Sekolah Menengah Atas / Khairunnisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan selalu mengalami suatu perkembangan dengan kreativitas dan inovasi. Teknologi mampu memberikan berbagai kemudahan dan pemecahan masalah yang dihadapi dalam suatu kondisi. Kondisi pembelajaran dapat mengalami suatu gangguan yang memerlukan penanganan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Hasil analisis kebutuhan menyimpulkan bahwa siswa dan guru memerlukan media yang dapat mewadahi penyusunan materi dengan adanya media lain. Media yang dibutuhkan juga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran luring maupun daring. Penggunaan teknologi dalam media pembelajaran dengan e-learning menjadi solusi untuk menghadapi berbagai keadaan yang mendesak seperti saat terjadi pandemi. Basis padlet dengan konsep e-learning dapat menjadi alternatif pengembangan pembelajaran dengan menciptakan ruang belajar yang dikemas secara menarik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media pembelajaran e-learning menggunakan padlet materi vulkanisme kelas x di sekolah menengah atas 2) menguji kelayakan media pembelajaran e-learning menggunakan padlet yang dihasilkan dan 3) menguji keefektifan media pembelajaran e-learning menggunakan padlet. Adanya tujuan tersebut maka digunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE dengan prosedur yang dilaksanakan yaitu 1) menganalisis terkait kebutuhan siswa kurikulum dan e-learning 2) menyusun materi menentukan media yang dikembangkan membuat rancangan media dan membuat instrumen penelitian 3) membuat media menggunakan padlet dan memvalidasi produk melalui para ahli 4) melakukan uji kelayakan dan uji keefektifan melalui tes 5) mengerjakan evaluasi secara keseluruhan dari hasil data yang diperoleh. Hasil validasi yang dilakukan melalui validator ahli memperoleh kesimpulan sangat valid dan hasil dari ahli media memperoleh hasil valid dengan revisi. Hasil penilaian oleh siswa menjadi uji kelayakan yang memperoleh hasil sangat layak pada setiap aspek penilaian dengan peroleh persentase secara keseluruhan yaitu 90 21%. Hasil uji keefektifan memperoleh persentase 82 8 dengan kriteria efektif. Hasil tes juga menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa dengan menggunakan media padlet berdasarkan pada hasil pretest dan posttest yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263125

Actions (login required)

View Item View Item