Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Mikho Atmain Kulub - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Mikho Atmain Kulub

Kulub, Mikho Atmain (2022) Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Mikho Atmain Kulub. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori pembelajaran EarthComm masuk dalam teori konstruktivisme yang merupakan model pembelajaran yang berkaitan pada fenomena objek yang ada di lapangan. Proses pembelajaran yang diharapkan tidak hanya mengetahui fenomena saja melainkan peserta didiknya mampu melakukan pengimplementasian dalam aktivitas keseharian. Aktivitas pembelajaran di dalam atau di luar ruang kelas bisa dipengaruhi oleh minat belajar peserta didik. Membangun minat belajar akan memunculkan cara berpikir kritis peserta didiknya. Minat belajar setiap individu sendiri tidaklah sama dengan individu lainnya. Guru harus ada inovasi untuk membangun minat belajar sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran EarthComm terhadap berpikir kritis dan pengaruh model pembelajaran EarthComm terhadap minat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model EarthComm dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek dalam penelitian siswa kelas XI SMAN 1 Boyolangu semester ganjill tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa soal berpikir kritis dan angket minat belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan twoway ANOVA dengan menggunakan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) model EarthComm berpengaruh terhadap minat belajar siswa (2) model EarthComm berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan (3) adanya interaksi model EarthComm dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil temuan pertama analisis dilakukan terhadap minat belajar diketahui bahwa nilai siginifikasi sebesar 0 000 lt 0.05. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan kedua diketahui bahwa nilai signifikasi adalah 0 000 gt 0.05. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan ketiga diketahui bahwa nilai signifikasi adalah 0 044 gt 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263123

Actions (login required)

View Item View Item