Quluk, Asmaul Khusnul (2022) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap spatial thinking ability (STA) dan hasil belajar peserta didik di MA Negeri Sidoarjo / Asmaul Khusnul Quluk. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wawancara dengan guru pengampu pelajaran geografi di MA Negeri Sidoarjo menghasilkan sebuah paparan bahwa terdapat kendala yang dialami berupa hasil belajar geografi yang mayoritas rendah kemampuan memecahkan masalah kurang terlatih dan motivasi belajar dirasa kurang. Model pembelajaran terfokus pada guru yang memberikan ceramah. Sehingga peserta didik kurang pengalaman pada proses penyelesaian masalah. Oleh sebab itu guided inquiry perlu dilakukan untuk memberikan proses pembelajaran yang holistic sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap spatial thinking ability (STA) dan hasil belajar geografi peserta didik MA Negeri Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada bulan September - Oktober 2020. Dari penelitian ini diperoleh nilai pre test variabel spatial thinking ability (STA) dan hasil belajar serta data post test variabel spatial thinking ability (STA) dan hasil belajar. Penelitian ini adalah quasi experiment pretest-posttest nonequivalent control group design dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjeknya peserta didik kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XII IPS 5 sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik parametrik dan non-parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t (Independent Sample T-test) dan Mann Whitney menggunakan SPSS 25 for Windows dengan signifikansi alpha 0 5. Pada variabel spatial thinking ability (STA) hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kontrol berada pada kategori kemampuan berpikir spasial sedang. Hasil rata-rata post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori berpikir spasial sangat baik dan kelas kontrol berada di level baik. Variabel hasil belajar menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen. Mengacu pada data gain score kelas XII IPS 4 pada kategori kurang efektif dan XII IPS 5 pada kategori cukup efektif. Adapaun saran untuk penelitian selanjutnya atau guru yang akan menerapkan model ini harus melalui persiapan bahan ajar berupa LKS sebagai pemandu sumber belajar yang mencukupi dan penguasaan konsep model pembelajaran supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |