Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi siswa sman 5 pamekasan / Desy Triana Dewi Harizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi siswa sman 5 pamekasan / Desy Triana Dewi Harizah

Harizah, Desy Triana Dewi (2021) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi siswa sman 5 pamekasan / Desy Triana Dewi Harizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harizah Desy Triana Dewi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Syamsul Bachri S.Si M.Sc Ph.D. Kata Kunci Project based Learning Kreativitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti terdapat kendala yang dirasakan guru mata pelajaran geografi. Dimana siswa belum maksimal dalam memecahkan masalah yang diberikan guru siswa belum terbiasa melakukan penyelidikan serta kemampuan dan keterampilan siswa yang masih kurang. Sehingga kreativitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan model pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi siswa SMAN 5 Pamekasan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 2020. Dari penelitian ini diperoleh data kreativitas siswa dan nilai pre test dan post test sebagai data hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial parametrik. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t (Independent Sample T-test) dengan bantuan SPSS 25 for Windows pada taraf signifikan alpha 0 5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3. Data yang diperoleh peneliti yaitu kreativitas siswa pada kelas XI IPS 2 berada pada kategori cukup kreatif. Sedangkan kreativitas siswa pada kelas XI IPS 3 berada pada kategori kurang kreatif. Selain itu model pembelajaran project based learning cukup efektif digunakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh peneliti menunjukkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas XI IPS 2 lebih tinggi di bandingkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas XI IPS 3. Selain itu seluruh siswa kelas XI IPS 2 memperoleh nilai yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru/peneliti harus menguasai sintak PJBL mempersiapkan media dan sumber belajar memperhatikan alokasi waktu dan menguasai kelas dengan baik agar pembelajaran terlaksana dengan efektif dan tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263118

Actions (login required)

View Item View Item