Pengembangan buku teks geografi perkotaan model buku human geography paul, knox. / Nur Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi perkotaan model buku human geography paul, knox. / Nur Hasanah

Hasanah, Nur (2021) Pengembangan buku teks geografi perkotaan model buku human geography paul, knox. / Nur Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah Nur. 2021. Pengembangan Buku Teks Geografi Perkotaan Model Buku Human Geography Paul L. Knox. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Studi S2 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Satti Wagistina S. P M.Si Kata kunci pengembangan buku teks human geography model ADDIE Keberadaan buku sangat penting sebagai penunjang pembelajaran. hal ini dikarenakan adanya ketergantungan guru dan siswa terhadap buku. Guru tidak dapat mengajar tanpa adanya buku teks (Purwanto 1996). Ketergantungan pembelajaran akan ketersediaan buku teks sekitar 90% (Sumarmi dkk. 2010). Buku merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Buku yang dibuat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran (Cunningswort 1995. Putra 2001 Mudhofir 2011). Penelitian pendahuluan telah dilalukan oleh peneliti di MAN 1 Kota Malang dengan subjek 25 siswa dengan hasil 69% siswa mengatakan bahwa bahasa yang digunakan dalam penyajian materi kurang komunikatif 44% menjawab bahwa contoh dan ilustrasi masih kurang mendukung kejelasan materi dan 64% siswa masih kesulitan dalam memahami materi wilayah-perwilayahan. Data faktual mengenai kelemahan buku menjelaskan bahwa buku Geografi yang digunakan oleh siswa memiliki beberapa kelemahan kelemahan tersebut meliputi tanda baca kesalahan kalimat data dan konsep yang disajikan di dalam buku merupakan salah satu indikator perlunya pengembangan buku (Rochayati 2010. Puspitasari 2016. Iskandar 2016). Permasalahan diatas ialah alasan perlunya pengembangan buku dengan penyajian materi mendalam agar dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas buku yang digunakan oleh siswa terutama ialah buku yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Metode penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyse desian development implementation dan evaluation). Penelitian pengembangan buku teks ldquo Geografi Perkotaan rsquo merujuk pada buku Human Geography dengan memperhatikan syarat penulisan buku yang baik (Akbar 2013). Langkah-langkah dalam penelitian ini yang pertama ialah analisis. Tahapan analisis yang dilakukan ialah analisis kebutuhan analisis penelitian pendahuluan di sekolah analisis keberadaan buku yang digunakan siswa dan analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap keberadaan buku. Tahapan kedua ialah desain dalam proses desain peneliti menentukan desain buku dengan mempertimbangkan analisis kebutuhan yang diperoleh. Pengembangan produk merupakan tahapan ketiga dengan kegiatan pemilihan materi pemilihan buku rujukan pembuatan peta konsep pembuatan soal dan pembuatan layout buku. Setelah produk selesai dikembangkan maka untuk melnajutkan pada tahapan impelemtasi dilakukan proses validasi. Validasi dilakukan terhadap 3 validator yaitu validator ahli bahasa median dan desain serta validator ahli materi. data hasil validator digunakan sebagai pertimbangan revisi produk sebelum dilakukan ujicoba di sekolah. Setelah dilakukan proses revisi sesuai saran dari validator maka produk di ujicobakan di sekolah dengan angket tertutup. Proses uji coba dilakukan di MAN 1 Kota Malang dengan jumlah subjek 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli validator materi memberikan skor 32 dengan persentase 805 validator media dan desain memberikan skor sejumlah 40 dengan persentase 100% dan validator bahasa memberikan skor sejumlah 36 dengan persentase 90%. Data hasil respon siswa pada uji coba lapangan di MAN 1 Kota Malang dengan jumlah subjek 25 siswa mendapatkan sejumlah 964 skor dengan persentase 80%. Distribusi data respon siswa ialah dengan jumlah soal 12 masing-masing mendapatkan nilai persentase 81% 82% 80% 81 84% 81% 69% 79% 81% 81% 84% 81%. Nilai tertinggi pada persentase tersebut diperoleh pada soal nomor 5 dan 11 dengan total skor sejumlah 84 sedangkan total skor paling sedikit ialah pada soal nomor 7 dengan total skor 69 pada soal angket respon siswa. Skor angket yang diisi oleh siswa didominasi dengan nilai skor 3. Hal ini dapat dipengaruhi oleh adanya perbedaan siswa dalam memahami masing-masing soal yang disajikan dalam angket serta perbedaan siswa terhadap kemampuan membaca dan memahami buku teks geografi perkotaan. Respon guru pada penelitian pengembangan produk buku teks geografi perkotaan sejumlah 52 dengan persentase 93%. Sesuai dengan tabel kelayakan produk maka penelitian ini berada pada interval 76-100% dan dikatakan layak/valid untuk digunakan disekolah. Dari jumlah 14 soal yang terdapat dalam angket sejumlah 4 soal guru mengatakan setuju dengan poin 3 dan 10 soal lainnya guru menjawab sangat setuju dengan poin 4 sehingga menghasilkan jumlah skor diatas. Pada butir soal nomor 1 4 5 dan 10 guru memberikan jawaban point 3 dengan deskripsi setuju. Hal ini mengindikasikan bahwa guru setuju dengan penilaian pada butir soal tersebut terkait dengan buku teks yang dikembangkan oleh peneliti. Pada butir soal nomor 2 3 6 7 8 9 11 12 13 dan 14 mendapat skor nilai 4 dengan deskripsi sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa guru memberikan penilaian sangat setuju pada masing-masing butir soal terkait dengan buku teks geografi perkotaan yang dikembangkan peneliti. Saran yang diajukan dalam penelitian selanjutnya ialah penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui tingkat keefektifan buku yang dikembangkan perlu dilakukan agar dapat mengetahui seberapa efektif pembelajaran menggunakan buku teks ldquo Geografi Perkotaan rdquo . Pengembangan lebih lanjut mengenai produk buku teks perlu dilakukan yang lebih luas tidak hanya spesifik pada materi perkotaan. Selain itu pada penelitian selanjutnya perlu dilakukan pengembangan buku teks dengan proses validasi ujicoba dan revisi lebih dari satu kali agar hasil lebih baik dari penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263117

Actions (login required)

View Item View Item