Zamruti, Nurul Ainni (2022) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Nurul Ainni Zamruti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh guided inquiry pada berpikir kritis siswa (2) pengaruh self-efficacy pada berpikir kritis siswa (3) interaksi guided inquiry dan self-efficacy siswa pada berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan posttest design. Teknik pengambilan sampel yang dijadikan sebagai subjek penelitian yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang dijadikan subyek adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model guided inquiry learning dengan jumlah 36 siswa dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis anova dua jalur. Instrument yang digunakan berupa soal esai dengan lima soal. Hasil uji hipotesis yaitu nilai signifikan guided inquiry sebesar 0 020 lt 0 05 berarti terdapat pengaruh model guided inquiry pada berpikir kritis siswa. Nilai signifikan self-efficacy sebesar 0 018 lt 0 05 berarti ada pengaruh self-efficacy pada berpikir kritis siswa. Nilai signifikansi guided inquiry dan self-efficacy sebesar 0 038 yaitu lt 0 05 yang dapat diartikan ada interaksi guided inquiry dan self-efficacy pada berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263116 |
Actions (login required)
View Item |