Pengaruh PBL berbasis Blended Learning dengan wahana Edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis Siswa SMA / Riyo Rosi Meisandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh PBL berbasis Blended Learning dengan wahana Edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis Siswa SMA / Riyo Rosi Meisandy

Meisandy, Riyo Rosi (2021) Pengaruh PBL berbasis Blended Learning dengan wahana Edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis Siswa SMA / Riyo Rosi Meisandy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mampu mengaitkan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar siswa dalam proses pembelajaran. PBL melibatkan siswa secara aktif pada proses analisis pemecahan masalah yang disajikan dalam skenario pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran geografi. Pada era ini teknologi memiliki peran besar dalam menunjang perkembangan kemampuan berpikir analitis siswa. Melalui gabungan pembelajaran tatap muka dan virtual atau blended learning model PBL dengan platform digital edmodo kegiatan diskusi dan materi pembelajaran geografi dapat dengan mudah diakses secara fleksibel dimana dan kapan pun diinginkan. Pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan secara blended learning memicu siswa untuk menalar dalam upaya pemecahan masalah yang membantu mengembangakan keterampilan berpikir analitis siswa dalam menemukan informasi dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan model PBL yang dipadukan dengan platform edmodo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Pelaksanaan Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Suboh dengan subjek peneltian siswa Kelas XI IIS 1 dan XI IIS 3. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperiment. Instrument penelitian ini berupa soal test kemampuan berpikir analitis sejumlah lima soal dalam bentuk essay yang diberikan pada masing-masing kelas di tahap pretest dan posttest. Pada penelitian ini dilakukan analisis pada gainscore kemampuan berpikir analitis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa gainscore di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Gainscore pada kelompok eksperimen adalah 22 66 sementara pada kelompok kontrol adalah 14 66 dengan demikian terdapat selisih 8 point. Hasil analisis data pada peneltian ini menunjukkan nilai sig dari independent sample t-test adalah 0 018 lt 0 05. Artinya ada pengaruh penerapan PBL berbasis blended learning dengan wahana edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru geografi agar dapat menerapkan PBL berbasis blended learning dengan wahana edmodo sebagai alternatif guna meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan ujicoba model PBL berbasis blended learning pada materi geografi lainnya di jenjang kelas atau pendidikan yang lebih tinggi serta dapat mengkolaborasikan PBL dengan model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263115

Actions (login required)

View Item View Item