Pengembangan suplemen bahan ajar geografi SMA mengenal bencana tanah longsor / Ahmad Mufti Fawaid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen bahan ajar geografi SMA mengenal bencana tanah longsor / Ahmad Mufti Fawaid

Fawaid, Ahmad Mufti (2021) Pengembangan suplemen bahan ajar geografi SMA mengenal bencana tanah longsor / Ahmad Mufti Fawaid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan menambah ilmu pengetahuan yang dibentuk oleh siswa melalui interaksi dengan bahan atau pengalaman yang baru dengan panca indera ataupun melalui pengetahuan sebelumnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif memerlukan sebuah alat pembelajaran yakni bahan ajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan pengetahuan mengenai kebencanaan khususnya bencana tanah longsor adalah melalui pembelajaran yang disampaikan dalam bentuk bahan ajar berupa buku suplemen pelajaran. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di seluruh SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi dalam proses pembelajaran mata pelajaran geografi di sekolah diketahui pendidik hanya menggunakan buku teks pelajaran saja sedangkan penggunaan buku suplemen tidak ditemukan. Hasil observasi mengatakan salah satu materi memerlukan tambahan pada buku terbitan Grafindo dan Mediatama terletak pada materi kelas XI pada Kompetensi Dasar (KD) 3.7. Materi yang dimakksud berisi mengenai mitigasi dan adaptasi bencana alam. Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kerawanan bencana tinggi sehingga perlu peningkatan literasi kebencanaan sebagai langkah mitigasi bencana. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar mengenai tanah longsor dan mengetahui kelayakan bahan ajar. Penelitian ini mengadaptasi model Borg amp Gall. Tahapan pengembangan berisi penelitian perencanaan pengembangan produk awal validasi ahli revisi awal uji coba dan revisi akhir. Produk divalidasi oleh ahli materi dan diujicobakan kepada siswa SMAN 1 Glagah. Sekolah ini dipilih karena berada di lokasi penelitian. Pemaparan hasil pada penelitian ini berupa hasil validasi ahli dan hasil uji coba lapangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi yakni Dr. Tuti Mutia yang merupakan dosen geografi di Universitas Hamzanwadi. Hasil validasi dari validator kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis ini digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli yang berupa tanggapan kritik dan saran perbaikan berupa pertanyaan pada lembar validasi. Berdasarkan validasi diperoleh aspek kelayakan buku dari validator ahli dan uji coba lapangan yang menghasilkan respon siswa yang berarti buku layak digunakan. Diketahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi juga termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263114

Actions (login required)

View Item View Item