Pengembangan model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan bagi guru di PPPPTK PKN dan IPS / Harnanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan bagi guru di PPPPTK PKN dan IPS / Harnanto

Harnanto (2022) Pengembangan model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan bagi guru di PPPPTK PKN dan IPS / Harnanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman wawasan kebangsaan perlu diberikan kepada guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan terhadap guru adalah melalui pendidikan dan pelatihan (diklat). Pembelajaran diklat selama ini secara tatap muka langsung dengan menggunakan ceramah mengerjakan lembar kerja presentasi diskusi dan game yang dilakukan di dalam kelas. Menurut peneliti pembelajaran diklat tersebut belum cukup memberikan pengalaman dan proses latihan dalam mengimplementasikan materi yang telah didapatkan selama diklat. Dalam penugasan akan lebih baik apabila dapat melibatkan dengan peserta didik sehingga peserta didik mendapatkan dampak langsung dalam proses pembelajaran terkait dengan materi wawasan kebangsaan. Oleh karena itu inovasi model diklat perlu dikembangkan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan yang dilakukan secara daring dengan moda In Service Learning (In-1) ndash On Service Learning (On) ndash In Service Learning 2 (In-2). Pemilihan diklat berbasis proyek belajar kebangsaan sebagai sarana untuk menumbuhkan kreativititas guru dalam mengimplementasikan materi wawasan kebangsaan kepada peserta didik sekaligus menjadi kebaharuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall (Research and Development). Penelitian ini bertempat di PPPPTK PKn dan IPS. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini ada 9 langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan produk yang akan dikembangkan (3) mengembangkan produk model diklat (4) validasi ahli (5) revisi produk (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi produk (8) uji coba kelompok besar (9) revisi produk akhir. Responden adalah guru PPKn dan IPS jenjang SMP. Pemilihan responden dengan menggunakan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara angket studi dokumen dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif dengan menggunakan program SPSS statistik 25. Hasil penelitian pengembangan ini adalah model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan. Perangkat model diklat berupa struktur program Learning Management System (LMS) buku petunjuk penggunaan LMS bagi peserta dan buku panduan diklat. Berdasarkan analisis data dari uji kevalidan model diklat didapatkan hasil uji validitas dari ahli model diklat dengan skor rata-rata 95 % (sangat valid) dan hasil uji validitas dari ahli materi dengan skor rata-rata 90 % (sangat valid). Hasil uji kepraktisan produk dari ahli media dengan skor rata-rata 97 5 % (sangat praktis). Uji kemenarikan model diklat didapatkan dari hasil uji coba kelompok kecil dengan skor rata-rata 97 5 % (sangat menarik) dan uji coba kelompok besar dengan skor rata-rata 97 15 % (sangat menarik). Uji keefektifan model diklat didapatkan dari nilai tes awal nilai tes akhir dan nilai akhir. Rata-rata hasil tes awal adalah 66 74 (rendah) sedangkan rata-rata hasil tes akhir adalah 92 30 (sangat tinggi). Hasil nilai tes awal dengan nilai tes akhir mengalami kenaikan sebesar 25 56 (38 30 %). Sedangkan hasil rata-rata nilai akhir responden uji coba kelompok besar adalah 90 27 (sangat tinggi). Sebanyak 11 responden mendapatkan kriteria tinggi (37 93 %) sedangkan 18 responden mendapatkan kriteria sangat tinggi (62 07 %). Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model diklat penguatan wawasan kebangsaan berbasis proyek belajar kebangsaan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis menarik dan efektif sehingga produk ini dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263110

Actions (login required)

View Item View Item