Pengembangan model pembelajaran teams games tournament berbasis permainan bisik berantai pada materi keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika kelas vii di SMP Negeri 2 Malang / Indrya Desy Puspitarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran teams games tournament berbasis permainan bisik berantai pada materi keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika kelas vii di SMP Negeri 2 Malang / Indrya Desy Puspitarini

Puspitarini, Indrya Desy (2021) Pengembangan model pembelajaran teams games tournament berbasis permainan bisik berantai pada materi keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika kelas vii di SMP Negeri 2 Malang / Indrya Desy Puspitarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitarini Indrya Desy 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Permainan Bisik Berantai Pada Materi Keberagaman Suku Agama Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kelas VII di SMP Negeri 2 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Edi Suhartono S.H M.Hum (II) Dr. Siti Awaliyah S.Pd M Hum. Kata Kunci model pembelajaran Teams Games Tournament permainan bisik berantai keberagaman suku agama ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pelaksanaan pembelajaran sangat membutuhkan peranan guru untuk menentukan model pembelajaran serta metode mengajar sesuai dengan kemampuan peserta didik. Guru harus merancang pembelajaran yang menarik salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan pedoman yang digunakan dalam menyusun strategi pembelajaran yang menarik. Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang bersifat kompetisi akademik sehingga peserta didik dapat bersaing antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Pada awal Desember peneliti melakukan observasi awal mengenai lingkungan di SMP Negeri 2 Malang dimana peserta didiknya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda mulai dari suku dan agama serta asal daerah yang berbeda. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diperoleh bahwa pada materi keberagaman suku agama ras dan antargolongan masih menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab saja serta masih menggunakan media berupa buku paket saja. Berdasarkan analisis kebutuhan yang ditujukan kepada siswa bahwa 65% menjawab membutuhkan model pembelajaran pada mata pelajaran PPKn dan 80% peserta didik menjawab sangat setuju apabila menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Peneliti mengembangkan model pembelajaran disertai dengan permainan tradisional yaitu bisik berantai agar dapat memotivasi peserta didik dalam belajar dan tertarik dengan mata pelajaran PPKn. Agar lebih menantang peneliti menambahkan suatu media dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan telepon kaleng jadi siswa membisikkan kata atau informasi melalui telepon kaleng. Tujuan penelitian pengembangan adalah untuk menguji kemenarikan kevalidan keefektifan dan keterterapan dari model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis permainan bisik berantai pada materi keberagaman suku agama ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Produk yang dihasilkan adalah pengembangan model buku panduan serta video pelaksanaan model pembelajaran. Uji kevalidan dari produk dilakukan oleh beberapa ahli yakini ahli materi ahli model pembelajaran ahli RPP ahli media dan ahli pembelajaran. Uji kemenarikan dilakukan dalam 2 tahap yakni uji pada kelompok kecil berjumlah 10 orang peserta didik kelas VII SMP negeri 2 Malang yang ditunjuk secara acak. Dan tahap uji coba kelompok besar dilakukan dengan melibatkan 30 orang peserta didik kelas VII. Tahap uji keefektifan dilakukan dengan melihat dari hasil belajar siswa yakni dengan memberikan pertanyaan diakhir pembelajaran. Uji keterterapan dilaksanakan dengan melibatkan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Malang yaitu dengan mengisi angket respon. Hasil validasi menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis permainan bisik berantai berdasarkan hasil analisis ahli materi menyatakan bahwa hasil presentase 87 5% yang artinya sangat valid dan dapat dilanjutkan. Validasi model pembelajaran menyatakan 89 28571% sangat valid. Hasil uji validasi RPP diperoleh presentase sebesar 95% dengan keterangan sangat valid. Validasi ahli media melakukan uji terhadap dua produk yakni (1) buku panduan diperoleh dengan hasil presentase sebesar 93 33333% dengan keterangan sangat valid dan (2) video pembelajaran diperoleh presentase sebesar 85% dengan keterangan sangat valid. Hasil uji validasi ahli pembelajaran dilakukan oleh 2 orang ahli dengan hasil yakni (1) validator pertama dengan presentase 81 818181% dengan kategori sangat valid dan (2) validator kedua diperoleh hasil presentase sebesar 100% dengan hasil sangat valid. Hasil dari uji kemenarikan yang dilakukan oleh 10 orang peserta didik diperoleh hasil presentase sebesar 89 95% dengan keterangan sangat menarik. Uji coba kemenarikan dilakukan pada uji coba kelompok besar dengan jumlah 30 orang peserta didik diperoleh 92 38% dengan keterangan sangat menarik. Uji coba efektivitas yaitu diperoleh dengan menggunakan hasil belajar peserta didik yang dilakukan setelah pembelajaran diakhir yakni diperoleh dengan 19 peserta didik memperoleh kategori sangat baik (A) 8 orang peserta didik memperoleh kategori Baik (B) dan 3 orang peserta didik mendapatkan kategori Cukup (C). Hasil analisis keterterapan model pembelajaran yang dilaksanakan melalui angket respon guru PPKn SMP Negeri 2 Malang diperoleh hasil presentase sebesar 97 61905% dengan keterangan sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis permainan bisik berantai dinyatakan sebagai produk yang valid menarik efektif fan dapat diterapkan pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263108

Actions (login required)

View Item View Item