Pengembangan media e-learning edmodo dengan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran PPKN / Dito Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning edmodo dengan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran PPKN / Dito Pratama

Pratama, Dito (2022) Pengembangan media e-learning edmodo dengan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran PPKN / Dito Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama Dito. 2022. Pengembangan Media E-Learning Edmodo Dengan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pembelajaran PPKn Tesis. Fakultas Ilmu Sosial Program Studi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembimbing (1) Dr. Rosyid Al Atok M.Pd M.H (2) Dr. Edi Suhartono M.P.d. Kata kunci pengembangan media pembelajaran e-learning edmodo pendekatan konstruktivistik. Pembelajaran pada masa ini perlu menjadi perhatian khusus setiap jenjang apapun dan dimana pun mengapa demikian karena pada masa sekarang kemajuan teknologi hingga sosial budaya masuk lebih pesat diimbangi dengan gaya hidup yang modern dengan seperti itu seharusnya pembelajaran juga diimbangi dengan kemajuan perangkat dan digitalisasi. Setiap kegiatan belajar sering ditemukan pola-pola pembelajaran konvensional harus melakukan inovasi terhadap model ataupun media yang digunakan setiap kegiatan belajar mengajar. Untuk itu pentingnya penggunaan media pembelajaran serta model untuk memberikan inovasi guna pembelajaran lebih menarik serta menyenangkan bagi peserta didik. Media pembelajaran mempunyai arti penting di dalam berlangsungnya pembelajaran oleh karena itu dalam penelitian ini melakukan penelitian pengembangan untuk mengahasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan segala jenjang sekolah. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada sumber literatur jurnal penelitian pengembangan yang berhubungan dengan teori media pembelajaran. Penelitian ini dibuat untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning edmodo yang intinya untuk meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang berjumlah empat tahapan meliputi (1) tahap pendefinisian (2) tahap perancangan (3) tahap pengembangan (4) tahap penyebaran. Hasil dalam kelayakan media validasi ahli media mendapatkan skor 86 dengan kriteria sangat valid sedangkan kelayakan materi oleh ahli materi mendapatkan skor 78 dan 98 dengan kriteria cukup valid dan sangat valid. Hasil penilaian kepraktisan media berdasarkan respon guru mendapatkan skor 84 sangat praktis serta penilaian kepraktisan media berdasarkan respon peserta didik mendapatkan skor 87 5 dengan sangat praktis digunakan. Selanjutnya penilaian hasil belajar peserta didik diperoleh dari uji coba lapangan melalui uji pre test-post test menunjukkan peningkatan setelah menerapkan mediapembelajaran e-learning edmodo awalnya nilai rata-rata 75 5 menjadi nilai rata-rata 86 5. Begitu juga dengan hasil obervasi keaktifan peserta didik menunjukkan adanya perbedaan setelah menerapkan media pembelajaran e-learning edmodo awalnya hanya 31% menjadi 56% total peserta didik yang aktif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning edmodo ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar serta keaktifan sebelum dan sesudah menggunakan media yang dikembangkan pada saat uji coba lapangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263107

Actions (login required)

View Item View Item