Analisis aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani sebagai stimulus fungsi afektif Siswa / Elok Dian Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani sebagai stimulus fungsi afektif Siswa / Elok Dian Fatmawati

Fatmawati, Elok Dian (2021) Analisis aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani sebagai stimulus fungsi afektif Siswa / Elok Dian Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani dianggap sebagai aset point untuk mengekspresikan diri. Dimana dalam pembelajarannya tidak hanya fokus pada tuntutan kurikulum pada domain psikomotor namun domain afektif juga menjadi tujuan dari pendidikan jasmani. Dengan aktivitas fisik dalam pendidikan jasmani anak terbentuk watak dan karakternya. Pembiasaan-pembiasaan sikap positif dalam pengalaman gerak yang baik menumbuhkan perasaan menyenangkan dengan harapan dapat mengoptimalkan fungsi afektif pada siswa. Tujuan literature review dalam penelitian ini secara umum bertujuan untuk menilai efisiensi aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada fungsi afektif siswa serta menjabarkan keberhasilan aktivitas fisik dalam menstimulus optimalisasi sikap-sikap dan perilaku pada siswa. pada sampel siswa secara khusus bertujuan memberikan gambaran terperinci perspektif afektif bagaimana aktivitas fisik dapat memberikan kontribusi terhadap sikap dan perilaku siswa. Metode yang digunakan seperti akses untuk mengumpulkan article peneliti menggunakan database google scholar hindawi eric jurnal dan sciencedirect dengan rentangan waktu 5 tahun terakhir 2016-2021 berbasis Bahasa inggris untuk menjaga kualitas article yang akan analisis nantinya peneliti memilih article yang terindeks scopus quartile 1 quartile 2 quartile 3. Strategi ekstraksi data dan identifikasi data menggunakan diagram alur PRISMA. Untuk menemukan article yang sesuai peneliti menggunakan prosedur PICO. Berdasarkan hasil review menunjukkan dari 18 article beberapa article melaporkan bahwa aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani berpengaruh pada fungsi afektif dengan 5 article menunjukkan pengaruh terhadap fungsi sikap tanggung jawab siswa 2 article menunjukkan pengaruh pada kemandirian sisawa 3 article menunjukkan pengaruh pada sikap disiplin 4 article menunjukkna sikap rasa percaya diri dan 3 article menunjukkan rasa hormat dan saling menghargai Disimpulkan bahwa aktivitas fisik memiliki dampak terhadap fungsi afektif cukup banyak variabel yang mempengaruhi optimalisasi dalam menstimulus fungsi afektif siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263102

Actions (login required)

View Item View Item