Putra, Gita Prima (2021) Evaluasi perkuliahan semester gasal tahun akademik 2019/2020 menggunakan model countenance di prodi POK FIKKM Undikma / Gita Prima Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Data mengenai nilai IPK mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (POK) di Fakultas Ilmu keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) UNDIKMA yang diperoleh dari Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada tanggal 14 September 2017 mengungkapkan bahwa kualitas pembelajaran di Prodi tersebut masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena proses pembelajaran di Prodi POK dari beberapa tahap yakni perencanaan pelaksanaan dan penilaian perkuliahan. Hasilnya akan digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan bagi para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya. Rancangan penelitian ini mengunakan bentuk penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif dengan bentuk frekuensi relatif. Intrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen nontes dalam bentuk angket dan dokumentasi bentuk Rencana Pembelajaran semester (RPS) dosen-dosen di Program studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (POK) Fakutas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) UNDIKMA. Pengumpulan data menggunakan tehnik angket dan dokumentasi bentuk dokumen RPS yang diarsipkan di subbag akademik FIKKM UNDIKMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan perkuliahan termasuk dalam kategori ldquo Baik rdquo dengan perolehan rata-rata persentase penialaian mencapai 70% tahap pelaksanaan perkuliahan termasuk dalam kategori ldquo Cukup Baik rdquo dengan perolehan rata-rata persentase penilaian mencapai 61 4% dan tahap evaluasi termasuk dalam kategori ldquo Baik rdquo dengan perolehan persentase penilaian mencapai 72 2%. Rekomendasi (1) pada tahap perencanaan dosen perlu melibatkan mahasiswa dalam setiap proses perkuliahan termasuk pada proses perencanaan agar para mahasiswa memiliki persiapan lebih matang dan memahami konsep perkuliahan sebelum mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran. (2) Pada tahap pelaksanaan perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar mahasiswa oleh para dosen melalui perangsangan mahasiswa untuk menggunakan arah dan tujuan yang jelas di setiap tindakan termasuk dalam kegiatan perkuliahan dan (3) pada tahap evaluasi atau penilaian transparansi untuk menerapkan penilaian yang lebih objektif masih perlu diperhatikan dan ditingkatkan melalui pelibatan mahasiswa dalam mengembangkan kemudian menyepakati sistem penialaian yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |