Subandi, Mahfudi Sahly (2022) Pengaruh model pembelajaran pjbl terintegrasi live moocs dan kemampuan awal terhadap tpack dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah teknologi sepeda motor / Mahfudi Sahly Subandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi pembelajaran era abad 21 memunculkan beragam model pembelajaran inovatif. Pada era ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang pesat di seluruh lapisan masyarakat. Mahasiswa sebagai agen perubahan suatu bangsa perlu disiapkan secara baik melalui pendidikan. Saat ini technological pedagogical and content knowledge (TPACK) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi tantangan untuk penyiapan mahasiswa sebagai calon guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun penyiapan TPACK dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa belum dilakukan secara baik oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK). Model pembelajaran project-based learning terintegrasi live massive open online courses (PjBL terintegrasi live MOOCs) dapat meningkatkan kemampuan TPACK dan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan TPACK dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran PjBL tanpa live MOOCs ditinjau dari tingkat kemampuan awal mahasiswa. Metode penelitian adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group versi faktorial 2 times 3. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif sejumlah 57 mahasiswa. Subjek penelitian terdiri dari kelompok eksperimen sejumlah 27 mahasiswa dan kelompok kontrol sejumlah 30 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan angket. Instrumen untuk mengukur kemampuan awal mahasiswa menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen untuk mengukur TPACK mahasiswa berupa angket penilaian diri. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa soal pilihan ganda dan penilaian proposal proyek. Teknik analisis data menggunakan two-way ANOVA. Hasil penelitian (1) ada perbedaan kemampuan technological pedagogical and content knowledge mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs dan model pembelajaran PjBL tanpa live MOOCs (2) ada perbedaan kemampuan technological pedagogical and content knowledge mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan technological pedagogical and content knowledge mahasiswa (4) ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs dan yang menggunakan model pembelajaran PjBL tanpa live MOOCs (5) ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi sedang dan rendah dan (6) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs sesuai digunakan untuk meningkatkan kemampuan TPACK dan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa dengan berbagai tingkat kemampuan awal. Implikasi dari penelitian ini adalah dosen dapat menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs untuk meningkatkan kemampuan TPACK dan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian eksperimen yang bertujuan menguji efektivitas model pembelajaran PjBL terintegrasi live MOOCs dengan melibatkan variabel moderator dan terikat lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |