Wijaya, Dhani Wahyu (2022) Analisis strategi pemasaran pada business center SMK Tunas Bangsa di masa pandemi covid-19 / Dhani Wahyu Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebangkitan ekonomi di berbagai lini perekonomian di Indonesia harus segera di upayakan. Dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SMK Tunas Bangsa menyatakan bahwa masa pandemi yang tak kunjung usai sebagai pendidik juga seharusnya tidak boleh ikut terpuruk akan tetapi harus berinovasi untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional. Program yang dilakukan Direktorat PSMK untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan SMK salah satunya dengan pelaksanaan proses pembelajaran melalui wahana belajar sambil berbuat (leaning by doing). Bentuk pelaksanaan learning by doing di SMK salah satunya dengan mengembangkan Business Center. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang diimplementasikan mengidentifikasi faktor penunjang keberhasilan faktor penghambat dan mengetahui hasil yang diperoleh dari implementasi strategi pemasaran Business Center di SMK Tunas Bangsa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Alasan memilih pendekatan kualitatif adalah objek penelitian berupa proses pengalaman individu dalam Business Center SMK Tunas Bangsa di masa pandemi Covid-19. Salin itu subjek penelitian berada dalam keadaan alamiahnya dan tidak dimanipulasi atau perlakuan tertentu. Datanya di analisisis menggunakanan teknik tekstual dan dokumen bukan dalam bentuk angka. Selanjutnya hasil dari implementasi strategi pemasaran Tradisional dan Digital di era pandemi Covid-19 cukup banyak kendala yang dihadapi diantaranya adanya program pemerintah PSBB dan PPKM membuat sepinya kedatangan wisatawan yang ke Malang yang berakibat pada tidak stabilnya pendapatan Business Center. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah strategi pemasaran strategi pemasaran digital adalah yang digunakan Business Center SMK Tunas Bangsa di masa pandemi Covid-19. Di antaranya pemanfaatan media sosial Facebook Instagram WA group Marketplace OLX OYO Traveloka. Agoda dan sejenisnya. Karena saat ini pemasaran digital yang sangat dan membantu promosi menjadi lebih mudah efektif dan pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan biaya promosi produk mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263085 |
Actions (login required)
View Item |