Yamin, Ramadini Erlita (2021) Evaluasi program pelaksanaan pelatihan tenaga kerja konstruksi di upt-pk singosari untuk meningkatkan produktivitas kerja / Ramadini Erlita Yamin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki produktivitas kerja tinggi merupakan salah satu target yang harus dicapai saat ini yang memasuki usia produktif yaitu 15-55 tahun. Pertama pengembangan sumber daya manusia melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan meningkatkan keterampilan vokasional melalui pendidikan dan pelatihan formal informal nonformal. Upaya tersebut dapat diwujudkan antara lain melalui pelatihan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan peserta pelatihan terhadap pelaksanaan program pelatihan kerja keterampilan menggambar konstruksi untuk mengukur sejauh mana peserta pelatihan mengalami peningkatan keterampilan setelah pelaksanaan pelatihan kerja keterampilan menggambar konstruksi. program dan untuk mengukur sejauh mana sikap peserta pelatihan mengalami perubahan sikap setelah pelaksanaan program pelatihan keterampilan vokasi. gambar konstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model Evaluasi Kirkpatrick Level 1 dan Level 2 pada Program Kerja Praktek Drafter. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta diklat dan instruktur yang terdiri dari 33 peserta pelatihan dan 1 instruktur pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Aspek yang termasuk dalam penyusunan instrumen meliputi penyampaian materi oleh instruktur metode pembelajaran suasana belajar modul pelatihan fasilitas pelatihan tugas akhir kepuasan peserta diklat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan program pelatihan kerja Drafter di UPT-PK Singosari dibagi menjadi 2 tahap yaitu Tahap 1 Reaksi dan Tahap 2. Pembelajaran. Peserta pelatihan on the job training menunjukkan hasil (1) kepuasan terhadap program pelatihan kerja yang menyatakan puas dengan keseluruhan rangkaian karena program pelatihan praktis dan aplikatif dalam meningkatkan kemampuan positif bagi peserta pelatihan (2) peningkatan keterampilan peserta program pelatihan kerja Drafter di kategori meningkat cukup baik. Bagi peserta lulusan SMK Konstruksi mengalami peningkatan melalui pengalaman materi baru yang belum pernah diajarkan di sekolah formal dan (3) perubahan sikap peserta pelatihan selama proses pelaksanaan pelatihan kerja dapat dirasakan sendiri dengan adanya perubahan dalam kedisiplinan dan penggunaan waktu yang tepat. Perubahan sikap muncul melalui pemberian tugas individu pada setiap pertemuan dan tugas akhir yang juga memerlukan kerja kelompok
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |