Pengembangan mobile learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berdasarkan keputusan menaker no. 38 tahun 2019 di era pandemi covid-19 / Andreas Matulandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berdasarkan keputusan menaker no. 38 tahun 2019 di era pandemi covid-19 / Andreas Matulandi

Matulandi, Andreas (2022) Pengembangan mobile learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berdasarkan keputusan menaker no. 38 tahun 2019 di era pandemi covid-19 / Andreas Matulandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan mobile learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berdasarkan keputusan menaker no. 38 tahun 2019 merupakan salah satu sarana guna membantu memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Mobile learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berdasarkan keputusan menaker no. 38 tahun 2019 dapat digunakan sebagai alat bantu dosen dalam proses pembelajaran di kelas sehingga dosen tidak hanya menggunakan cara konvensional dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan dosen mata kuliah K3 dalam proses pembelajaran mata kuliah K3 yang diterapkan di kampus kurang bervariasi. Selain itu kurangnya bahan bacaan yang dapat menunjang pembelajaran mata kuliah K3. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan mobile learning yang praktis berdasarkan keputusan MENAKER no. 38 tahun 2019 pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di era pandemi Covid-19. (2) mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan mobile learning yang praktis berdasarkan keputusan MENAKER no. 38 tahun 2019 pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di era pandemi Covid-19. (3) mengukur efektivitas mobile learning yang praktis berdasarkan keputusan MENAKER no. 38 tahun 2019 pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di era pandemi Covid-19. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba produk terdiri dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba pengguna yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil kepada 9 mahasiswa PTM A4 dan uji coba kelompok besar pada 25 mahasiswa PTM A1. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi angket untuk ahli materi angket untuk ahli media angket respon mahasiswa dan instrument naskah tes. Peneliti menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan mobile learning pada mata kuliah K3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Respon mahasiswa terhadap kelayakan dan kemenarikan mobile learning pada mata kuliah K3 berdasarkan kepmenaker no. 38 tahun 2019 yang dihasilkan teruji layak digunakan dan menarik bagi mahasiswa (2) Keefektifan pembelajaran menggunakan mobile learning pada mata kuliah K3 berdasarkan kepmenaker no. 38 tahun 2019 dihitung dengan rumus analisis N-gain yang diperoleh yaitu dengan klasifikasi tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263083

Actions (login required)

View Item View Item