Kajian penentuan kompetensi keahlian pendidikan kejuruan SMK berbasis potensi wilayah / Tito Tri Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian penentuan kompetensi keahlian pendidikan kejuruan SMK berbasis potensi wilayah / Tito Tri Prabowo

Prabowo, Tito Tri (2022) Kajian penentuan kompetensi keahlian pendidikan kejuruan SMK berbasis potensi wilayah / Tito Tri Prabowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sasaran program sinkronisasi adalah sekolah yang memiliki bidang keahlian yang tidak sesuai dengan potensi peta unggulan wilayah ketidaksesuaian tersebut dilihat dari potensi unggulan wilayah yang disinkronisasikan dengan sebaran bidang keahlian di setiap provinsi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kompetensi keahlian SMK di Kota Batu berdasarkan temuan fenomena beragamnya potensi wilayah yang dimiliki setiap kecamatan yang tersebar di Kota Batu dengan Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dengan harapan lulusan yang diperuntukan untuk dapat mengembangkan dan mengolah potensi wilayah-nya dengan baik. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara studi jurnal dan dokumen terkait serta observasi temuan dilapangan untuk mengumpulkan setiap data dan fakta yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan di Kota Batu (Kecamatan Batu Bumiaji Junrejo) serta dengan teknik analisis triangulasi data. Berdasarkan hasil temuan di Kecamatan Batu terdapat 3 potensi unggulan utama yaitu bidang pariwisata bidang transportasi serta pertanian. Kecamatan Batu memiliki 4 prioritas sektor tenaga kerja utama yaitu sektor restaurant sektor perhotelan sektor jasa pariwisata dan transportasi serta sektor pertanian. Hasil sinkronisasi temuan potensi wilayah Kota Batu dengan spektrum kompetensi keahlian SMK diharapkan dapat menciptakan sumberdaya manusia yang kompeten dalam mengembangkan wilayah Kota Batu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263081

Actions (login required)

View Item View Item