Implementasi kerjasama antara sekolah dengan industri dalam praktik kerja lapangan di Kabupaten Jember Kecamatan Ambulu / Najih Gilang Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kerjasama antara sekolah dengan industri dalam praktik kerja lapangan di Kabupaten Jember Kecamatan Ambulu / Najih Gilang Ramadhan

Ramadhan, Najih Gilang (2021) Implementasi kerjasama antara sekolah dengan industri dalam praktik kerja lapangan di Kabupaten Jember Kecamatan Ambulu / Najih Gilang Ramadhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan Najih Gilang. 2020. Implementasi Kerjasama Antara Sekolah Dengan Industri Dalam Praktik kerja lapangan di Kabupaten Jember Kecamatan Ambulu (Studi multikasus di SMK 3 P dan SMK 3 M). Tesis Prgram Stud Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed (2). Dr. Rina Rifqie Mariana M.P Kata Kunci Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan Praktik kerja lapangan. Program utama pendidikan kejuruan yaitu mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja nyata akan tetapi kontradiktif dengan kondisi di lapangan. jumlah tamatan SMK yang tidak terserap di Dunia Usaha/Industri (DU/DI) saat ini masih mendominasi dan sekaligus penyumbang pengangguran tertinggi. Hal ini disebabkan kompetensi lulusan yang rendah kesiapan mental bekerja lulusan SMK serta tidak sesuainya kompetensi yang dibina oleh SMK dengan kebutuhan dunia kerja. Meningkatkan kompetensi dan penguasaan teknologi sehingga dapat memenuhi tuntutan dunia industri menjadi pekerjaan rumah bagi sektor pendidikan kejuruan saat ini. Efektifitas penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan kejuruan bergantung pada kerja sama dengan Dunia Usaha/Industri (DU/DI). Hubungan kerjasama antara lembaga pendidikan kejuruan dengan dunia usaha/industri pada umumnya diselengarakan sebagai penunjang proses pembentukan kompetensi peserta didik sehingga menghasilkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkap lebih lanjut serta mendalam terkait implementasi kerjasama antara sekolah dengan industri dalam praktik kerja lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Multi Cases. Sumber data dari kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang humas ketua pokja guru pembimbing dan instruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara bebas dan mendalam dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan PKL terdapat upaya kerjasama sekolah dalam pemilihan kompetensi penetapan DUDI penyusunan program pembekalan dan penetapan pembimbing. Komunikasi dan respon industri adalah kunci kegiatan ini. Sehingga baik buruknya perencanaan tergantung pada komunikasi dan industri. Kerjasama dalam pembimbingan terdapat penyusunan jurnal monitoring dan pembuatan dokumen. Dalam pelaksanaannya sendiri pembimbing sekolah yang memberikan arahan terkait pelaksanaanya dan pembimbing industri yang memastikan kesesuaian isi yang di buat siswa. Kerjasama sekolah dengan industri dalam penilaian terdapat penilaian pembimbing sertifikat dan pelaporan nilai. Penilaian hasil PKL di lakukan oleh pembimbing industri dengan sekolah yang menyiapkan indikator penilaian. Dari hasil nilai yang di dapatkan selanjutnya terdapat pemberian sertifikat kepada siswa dengan keterangan pernah melakukan PKL dan hasil nilai pelaksanaannya. Dari hasil dan pemberian sertifikat langkah akhir dilakukan pelaporan nilai hasil PKL yang diintegrasikan dalam nilai matapelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263077

Actions (login required)

View Item View Item