Aminollah (2022) Analisis pembelajaran daring ditinjau dari kemandirian belajar siswa (studi fenomenologi pada siswa SMP Nasional Kelas IX khusus materi pelajaran IPS ekonomi di Kota Malang). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Aminollah. 2022. Analisis Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Studi Fenomenologi Pada Siswa Smp Nasional Kelas Ix Khusus Materi Pelajaran Ips Ekonomi Di Kota Malang. Tesis Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr Sunaryanto M.Ed. Pembimbing II Dr Agus Hermawan M.Si GradDipMgt MBus Kata Kunci pembelajaran daring IPS ekonomi kemandirian belajar siswa. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas konektivitas fleksibilitas dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Salah satu mata pelajaran di jenjang sekolah menengah pertama adalah IPS dimana dalam mata pelajaran tersebut terdapat materi ekonomi. Dalam materi ekonomi terdapat beberapa hal yang memerlukan kemandirian siswa seperti mengidentifikasi kebutuhan manusia berdasarkam skala prioritas. Materi ini menuntut siswa untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan di lingkungan sekitar mereka secara mandiri. Untuk itulah siswa perlu dibekali kamandirian belajar selama pembelajaran IPS. Selama pembelajaran IPS secara daring kemandirian belajar ini diperlukan agar siswa lebih peduli untuk mengetahui akan hal-hal yang belum mereka ketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring yang ada di SMP Nasional Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa obeservasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru IPS ekonomi di SMP Nasional dalam mata pelajaran IPS Ekonomi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SMP Nasional berjalan efektif karena siswa dapat memahami materi ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi distribusi konsumsi harga pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk transportasi lembaga sosial dan ekonomi pekerjaan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Siswa mampu menganalisis dan memahami konsep pasar internasional dan masyarakat ekonomi asia. siswa dalam penggunaan media dalam pembelajaran daring dapat menumbuhkan dan meningkatkan literasi informasi dan komunikasi dalam mencari materi-materi yang tidak dipahami oleh siswa. Hal tersebut dapat dipecahkan dengan baik. Dari sisi inisitif siswa SMP Nasional memiliki kecendurungan yang aktif dalam memhami materi IPS Ekonomi dalam pembelajaran daring. meskipun siswa tidak memiliki strategi kusus dalam mengikuti pembelajaran daring namun siswa dapat memahami materi yang sedang di ajarkan. Siswa mencatat materi-materi yang dianggap penting sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman materi. Siswa SMP Nasional memiliki sikap tanggung jawab yang cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran daring hal ini di buktikan dengan siswa memamfaatkan waktu luang di rumah dengan belajar dan mendalami materi pembelajaran. siswa lebih memprioritaskan waktu untuk belajar dari pada bermain serta mereka mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang di tentukan. Pembelajaran daring di SMP Nasional sangat efektif dalam pelaksaannya. hal ini mengacu pada ketentusan belajar siswa yang dinilai dari tiga aspek yaitu pengetahuan keterampilan dan sikap. Dari tiga aspek tersebut siswa memperoleh nilai rata-rata 80 (baik) dalam proses kegiatan pembelajaran daring. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sekolah diharapkan dapat menanamkan sikap kemandirian pembelajaran dalam siswa lebih baik lagi dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas indikator untuk mengukur kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:50 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |