Analisis literasi ekonomi pada UMKM kuliner (studi fenomenologi pasar sore Kabupaten Tulungagung) / Moch Faisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis literasi ekonomi pada UMKM kuliner (studi fenomenologi pasar sore Kabupaten Tulungagung) / Moch Faisal

Faisal, Moch (2021) Analisis literasi ekonomi pada UMKM kuliner (studi fenomenologi pasar sore Kabupaten Tulungagung) / Moch Faisal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat tentu tidak lepas dari pembinaan pola pikir masyarakat sebagai subjek yang diberdayakan. Pembinaan sumber daya manusia menjadi aspek penting dalam menguatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Jenis UMKM yang paling banyak digandrungi oleh berbagai kalangan merupakan UMKM dalam bidang kuliner. Dengan berbekal inovasi dalam bidang makanan dan modal tidak terlalu besar bisnis ini terbilang cukup menjanjikan mengingat setiap hari manusia membutuhkan makanan. Pelaku usaha adalah masyarakat sekitar Pasar Sore Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) proses literasi ekonomi yang diterapkan oleh pelaku usaha UMKM Kuliner (2) implikasi literasi ekonomi terhadap kesejahteraan pelaku usaha dan pekerja pelaku usaha UMKM Kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Observasi (2) wawancara mendalam dan (3) dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 6 orang informan dengan kriteria berdasarkan berdasarkan tingkat kesuksesan usaha. Pelaku usaha kecil memiliki 1 lokasi usaha dibagi menjadi 2 pelaku usaha pelaku usaha menengah memiliki 1 lokasi usaha digunakan 1 pelaku usaha dan pelaku usaha besar memiliki 2 lokasi usaha yang digunakan 1 pelaku usaha. Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses literasi ekonomi yang terdapat pada pelaku usaha kecil belum berjalan dengan baik karena pelaku usaha belum diterapkan dalam kegiatan usahanya sehingga kesejahteraan pelaku usaha belum didapatkan. (2) Proses literasi ekonomi yang terdapat pada pelaku usaha menengah mulai berjalan dengan baik karena pelaku usaha mulai menerapkan dalam kegiatan usahanya sehingga kesejahteraan pelaku usaha dan satu orang pekerja mulai didapatkan. (3) Proses literasi ekonomi yang terdapat pada pelaku usaha besar telah berjalan dengan baik karena pelaku usaha telah menerapkan dalam kegiatan usahanya. sehingga keejahteraan pelaku usaha dan beberapa pekerja telah didapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263072

Actions (login required)

View Item View Item