Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi mahasiswa biologi / DWI DARMAYANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi mahasiswa biologi / DWI DARMAYANTI

Darmayanti, Dwi (2022) Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi mahasiswa biologi / DWI DARMAYANTI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan yang penting untuk dikembangkan pada abad ke-21 adalah keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah dibutuhkan untuk menjadi masyarakat yang bermanfaat dan kompetitif di abad ke-21. Seseorang dengan keterampilan pemecahan masalah dapat menggunakan pemikirannya untuk mencari solusi permasalahan di kehidupan sehari-hari. Informasi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dapat diambil dari berbagai sumber internet tetapi tidak semua sumber internet bisa dibuktikan kebenarannya. Literasi informasi dibutuhkan agar seseorang memiliki keterampilan dalam mencari menemukan mengevaluasi dan menggunakan informasi atau biasa disebut literasi informasi. Hasil angket analisis kebutuhan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi mahasiswa termasuk dalam kategori rendah sehingga dikembangkan e-modul berbasis epub dengan model inkuiri terbimbing yang diharapkan dapat melatih keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan yang valid praktis dan efektif untuk melatih keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi mahasiswa biologi. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. E-modul berbasis epub yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan. E-modul berbasis diujicobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data skor validasi e-modul berbasis epub dan skor angket respon mahasiswa dianalisis dengan teknik analisis persentase data skor observasi keterlaksanaan sintaks dianalisis secara deskriptif serta data skor pretest dan posttest keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi dianalisis menggunakan n-gain score. Persentase kevalidan e-modul berbasis epub menurut validator ahli bahan ajar dan ahli materi secara berurutan sebesar 98 03% dan 100% dengan kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan e-modul berbasis epub menggunakan angket respon mahasiswa sebesar 87 62% dengan kriteria sangat valid hasil observasi keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintaks inkuiri terbimbing terlaksana dengan baik dan hasil uji n-gain score keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi secara berurutan yaitu 0 60 dan 0 68 yang termasuk dalam kriteria keefektifan sedang. Keunggulan e-modul berbasis epub adalah terintegrasi sintaks inkuiri terbimbing terdapat vidio hasil pengamatan mengenai struktur anatomi dan struktur morfologi daun dan dapat digunakan di berbagai perangkat elektronik. Saran pengembangan lebih lanjut adalah penambahan vidio hasil pengamatan organ daun tiap bahan amatan e-modul dikembangkan berbasis multimedia interaktif gambar anatomi dan morfologi daun ditingkatkan dengan kualitas lebih tinggi dan penambahan fakta-fakta menarik mengenai materi organ daun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263067

Actions (login required)

View Item View Item