Pengembangan e-module materi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan berdasarkan identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three- tier untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA / Annisa Fauzia Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module materi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan berdasarkan identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three- tier untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA / Annisa Fauzia Rahmah

Rahmah, Annisa Fauzia (2022) Pengembangan e-module materi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan berdasarkan identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three- tier untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA / Annisa Fauzia Rahmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan merupakan materi yang tergolong memuat konsep abstrak karena tidak dapat divisualisasikan secara langsung sehingga untuk mempelajarinya diperlukan gambar maupun mikroskop untuk memudahkan pemahaman siswa. Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam sebuah proses pembelajaran. Faktanya seringkali siswa mengalami kesulitan akan konsep yang sedang dipelajarinya terlebih sumber belajarnya kurang mendukung dapat menyebabkan proses pembentukan pengetahuan siswa menjadi terhambat sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi menjadi hal yang sangat perlu untuk diselesaikan agar tidak berdampak pada pembelajaran berikutnya dan pada kehidupan keseharian siswa di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Module berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi siswa pada materi Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan serta untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap. Tahap I yaitu mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa menggunakan instrumen diagnostik three-tier. Hasil dari identifikasi digunakan untuk dasar penyusunan E-Module sebagai tahapan kedua dalam penelitian ini. Penyusunan E-Module menggunakan model pengembangan ADDIE tetapi terbatas sampai pada tahap develop tepatnya uji coba skala terbatas dan tidak melakukan implementasi produk. Data yang terkumpul berupa hasil identifikasi miskonsepsi validasi produk dan respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three-tier pada materi Jaringan Tumbuhan sebesar 43 96% dan Jaringan Hewan sebesar 56 55% dimana keduanya tergolong sedang. Penyumbang persentase terbesar miskonsepsi pada Jaringan Tumbuhan adalah konsep jaringan pembuluh sebesar 60 93% sedangkan pada Jaringan Hewan adalah konsep tentang jaringan epitel sebesar 67 25%. Hasil identifikasi miskonsepsi digunakan sebagai dasar pengembangan E-Module. Perbaikan konsep yang terdeteksi miskonsepsi disertakan pada E-Module di bagian ldquo Konsep Penting rdquo . E-Module yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis berdasarkan hasil validasi kepada ahli materi bahan ajar dan praktisi lapangan serta kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 90 06%. Validitas materi sebesar 95 64% yang berarti konsep materi telah akurat dan tidak mengandung miskonsepsi. Validitas E-Module sebesar 98 29%. Keunggulan E-Module yang dikembangkan adalah menekankan konsep perbaikan dari hasil identifikasi miskonsepsi memuat gambar dengan resolusi tinggi memuat bagian untuk refleksi sehingga guru dapat memantau dan memberikan feedback memuat soal-soal yang bisa melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sain siswa serta E-Module dapat diakses siswa dengan mudah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat mengembangkan bahan ajar pada materi lain berdasarkan identifikasi miskonsepsi dan mengembangkan keterampilan abad 21 lainnya yang diperlukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263064

Actions (login required)

View Item View Item