Pengembangan ornispedia burung taman nasional baluran guna meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nadya Nurul Isnaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ornispedia burung taman nasional baluran guna meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nadya Nurul Isnaeni

Isnaeni, Nadya Nurul (2022) Pengembangan ornispedia burung taman nasional baluran guna meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nadya Nurul Isnaeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai mahasiswa di perguruan tinggi pada pembelajaran Abad 21 adalah keterampilan literasi informasi karena mahasiswa yang menguasai keterampilan literasi informasi akan mampu menentukan sifat dan luas informasi yang dibutuhkan mampu memperoleh informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien mampu mengevaluasi informasi dan sumber secara kritis mampu menggunakan informasi dengan memahami masalah ekonomi etika hukum dan sosial serta mampu memahami bahwa informasi adalah proses berkelanjutan dan merupakan komponen penting dari pembelajaran seumur hidup. Selain berguna untuk kehidupan sehari-hari keterampilan literasi informasi yang memadai dan didukung oleh penggunaan sumber belajar yang tepat juga dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa yang dapat dilihat dari aspek kognitifnya. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan terhadap mahasiswa dan dosen diketahui bahwa keterampilan literasi informasi mahasiswa masih rendah mahasiswa sudah dapat menentukan sifat dan luas informasi yang dibutuhkan serta memperoleh informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien namun belum mampu mengevaluasi informasi dan sumber secara kritis belum mampu menggunakan informasi dengan memahami masalah ekonomi etika hukum dan sosial serta belum mampu memahami bahwa informasi adalah proses berkelanjutan dan merupakan komponen penting dari pembelajaran seumur hidup sehingga kualitas pembelajaran kurang optimal dan tujuan pembelajaran mahasiswa kurang tercapai. Oleh karena itu dikembangkan buku ensiklopedia dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif. Produk penelitian dan pengembangan ini dikembangkan menggunakan konsep pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate) dengan tujuan menghasilkan produk bahan ajar biologi berupa Ornispedia burung yang valid praktis dan efektif guna meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Adapun desain penelitian yang digunakan pada tahap implement adalah Pre-experiment menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang yang sedang menempuh mata kuliah Vertebrata. Soal tes yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran merupakan alat ukur yang dipakai untuk melihat hasil belajar kognitif mahasiswa dalam penelitian ini. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang meliputi skor kevalidan Ornispedia oleh dosen ahli materi ahli bahan ajar praktisi Pendidikan Biologi skor angket respon mahasiswa skor observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran serta skor hasil pretest-posttest keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif. Adapun jenis data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran oleh dosen ahli materi ahli bahan ajar praktisi Pendidikan Biologi dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis persentase berdasarkan data skor validasi Ornispedia data skor angket respon mahasiswa serta data skor hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Adapun data skor pretest dan posttest hasil belajar kognitif mahasiswa dianalisis menggunakan n-gain score. Persentase kevalidan produk pengembangan Ornispedia dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing menurut validator ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan ahli bahan ajar sebesar 97 5% dengan kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan Ornispedia dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing sesuai dengan penilaian praktisi pendidikan Biologi sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Vertebrata sebesar 78 70% dengan kriteria praktis hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 78 03% dengan kriteria terlaksana dengan baik. Ornispedia dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil ini terbukti dengan hasil uji n-gain score keterampilan literasi informasi sebesar 0 48 dan hasil uji n-gain score hasil belajar kognitif sebesar 0 62 yang artinya termasuk dalam kriteria keefektifan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263062

Actions (login required)

View Item View Item