Pengembangan buku panduan proyek pada mata kuliah genetika ii untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah Mahasiswa Biologi / Maya Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan proyek pada mata kuliah genetika ii untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah Mahasiswa Biologi / Maya Agustin

Agustin, Maya (2022) Pengembangan buku panduan proyek pada mata kuliah genetika ii untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah Mahasiswa Biologi / Maya Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di berbagai negara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah telah menjadi salah satu kompetensi tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam pendidikan. Mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis yang baik akan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang baik pula. Berpikir kritis adalah elemen penting dari investigasi inovasi dan pemecahan masalah. Mahasiswa yang memiliki pemikiran kritis akan secara efektif mampu menyelesaikan masalah yang kompleks. Berpikir kritis memungkinkan individu mampu mengamati masalah dari perspektif yang berbeda. Hasilnya mahasiswa dengan pemikiran kritis yang layak akan dapat menemukan lebih banyak alternatif solusi untuk suatu masalah. Hasil uji pendahuluan pada mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa berada di kategori rendah dengan rata-rata 59 45% dan 52 5%. Salah satu upaya yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah adalah menerapkan suatu model pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang ideal untuk memenuhi tujuan pendidikan abad ke-21. Pembelajaran berbasis proyek membantu mahasiswa dengan melatih mereka untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah bekerja dengan baik dengan orang lain dan mengelola diri secara efektif. Pembelajaran yang menerapkan basis proyek adalah perkuliahan Genetika II di Jurusan Biologi UM. Pada pelaksanaannya pembelajaran berbasis proyek di mata kuliah Genetika II masih belum berjalan optimal. Hal ini dapat dilihat pada progres proyek Genetika II. Berdasarkan kegiatan progres terlihat bahwa sebagian besar kelompok proyek masih mendapatkan kurang dari 50% data dari yang seharusnya dikumpulkan. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan panduan tertulis penelitian di dalam perkuliahan Genetika II yang memfasilitasi pemberdayaan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan proyek pada mata kuliah Genetika II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model desain instruksional yang mengikuti tahap pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) analyze (2) design (3) develop (4) implement dan (5) evaluate. Tahap pengembangan ADDIE digunakan karena sesuai untuk pembelajaran sistematis dan terdapat revisi di setiap tahapannya. Buku panduan proyek yang dikembangkan sebelum diuji coba dilakukan validasi oleh ahli bahan ajar materi dan praktisi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku panduan proyek sangat valid dengan rerata skor 5 yang menunjukkan bahwa buku panduan proyek dapat digunakan tanpa revisi. Setelah validasi buku panduan proyek oleh ahli selanjutnya dilakukan revisi formatif melalui 3 tahap yaitu uji coba perorangan (one-to-one trial) uji coba kelompok kecil (small group trial) dan uji coba lapangan (field trial). Hasil angket respons mahasiswa memiliki skor 4 9 4 956 dan 4 962 yang menunjukkan bahwa buku panduan proyek praktis dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Tahap implementasi dirancang sebagai eksperimen semu yang menggunakan pre-test amp post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Biologi UM. Kelas kontrol dan kelas eksperimen ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas H-H yang beranggotakan 27 mahasiswa diajar dengan model pembelajaran PjBL sebagai kelas kontrol dan kelas I-I yang beranggotakan 25 mahasiswa diajar dengan model pembelajaran PjBL dipadu buku panduan proyek sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes esai yang didistribusikan sebagai pretest dan post-test. Jawaban mahasiswa dinilai menggunakan rubrik keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Zubaidah et al. (2015) dan keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Greenstein (2012). Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada soal. Data dianalisis menggunakan ANCOVA antar kelompok satu arah. Sebelum menyelesaikan analisis ANCOVA dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai signifikansi gt 0 05 artinya data keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Anakova diperoleh nilai signifikansi p-level sebesar 0 000 lebih kecil dari alpha 0 05 (p lt 0 05). Hal ini berarti ada perbedaan penerapan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran PjBL dipadu buku panduan proyek terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Biologi. Data rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah menunjukkan bahwa rerata kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dipadu buku panduan proyek lebih tinggi daripada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL. Hasil tersebut merupakan konsekuensi dari penerapan model pembelajaran PjBL dipadu buku panduan proyek yang menganut prinsip konstruktivisme dan pembelajaran yang bermakna. Pelatihan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan mengintegrasikan indikator keterampilan dalam sintaks pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) buku panduan proyek mata kuliah Genetika II valid berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi pembelajaran (2) buku panduan proyek mata kuliah Genetika II praktis berdasarkan penilaian pada angket respons pengguna (mahasiswa) dan (3) buku panduan proyek mata kuliah Genetika II efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263059

Actions (login required)

View Item View Item