Hardianto (2022) Pengembangan model ricosre terintegrasi flipped classroom dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa sma pada pembelajaran biologi / HARDIANTO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Hardianto. 2022. Pengembangan Model RICOSRE Terintegrasi Flipped Classroom Dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Digital Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci RICOSRE flipped classroom keterampilan berpikir kritis literasi digital. Keterampilan abad ke-21 yang sangat dibutuhkan di era society 5.0 yaitu keterampilan berpikir kritis dan literasi digital. Keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMA pada pembelajaran berdasarkan fakta di lapangan tergolong rendah. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis digital yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital. Model yang sangat tepat yaitu model RICOSRE terintegrasi dengan flipped classroom. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan model RICOSRE terintegrasi flipped classroom yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R amp D). model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Pengujian efektivitas menggunakan quasy experiment dengan desain eksperimen pre-test post-test nonequivalent control group design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran yang terdiri dari model RICOSRE-FC dan model konvensional. Variabel terikat yaitu literasi digital dan keterampilan berpikir kritis. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji one way ANCOVA. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu berupa sintaks model RICOSRE-FC silabus RPP LKPD instrumen berpikir kritis dan literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk model RICOSRE-FC bersifat valid dengan rincian nilai validitas sebagai berikut a) model RICOSRE-FC 93.06% b) silabus 89.67% c) RPP 90.95% d) LKPD 90% e) tes keterampilan berpikir kritis 86.54% f) angket literasi digital 89.71% dan g) materi 91.67%. Produk model RICOSRE-FC bersifat praktis dengan rincian nilai kepraktisan sebagai berikut a) Ahli praktisi (guru) 86.56% b) respon siswa one-to-one trial 75.33% small group trial 80.6% dan field trial 87.15%. Produk model RICOSRE-FC efektif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi dengan nilai rerata terkoreksi model RICOSRE-FC sebesar 75.860 lebih tinggi dibandingkan model konvensional dengan nilai rerata terkoreksi sebesar 66.673. Produk model RICOSRE-FC efektif dalam memberdayakan literasi digital siswa SMA pada pembelajaran biologi dengan nilai rerata terkoreksi model RICOSRE-FC sebesar 81.332 lebih tinggi dibandingkan model konvensional dengan nilai rerata terkoreksi sebesar 68.473.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263058 |
Actions (login required)
View Item |