Pengembangan modul materi bioteknologi berbasis masalah berdasarkan hasil identifikasi bakteri limbah pertambangan emas rakyat di Sekotong untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik SMA Negeri 1 Lembar / Rasyada Farahilda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul materi bioteknologi berbasis masalah berdasarkan hasil identifikasi bakteri limbah pertambangan emas rakyat di Sekotong untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik SMA Negeri 1 Lembar / Rasyada Farahilda

Farahilda, Rasyada (2022) Pengembangan modul materi bioteknologi berbasis masalah berdasarkan hasil identifikasi bakteri limbah pertambangan emas rakyat di Sekotong untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik SMA Negeri 1 Lembar / Rasyada Farahilda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penambangan emas di Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau Lombok semakin diminati oleh masyarakat di sekitar lokasi pertambangan emas rakyat Sekotong terdapat beberapa sekolah SMA. Sebagian besar peserta didik di sekolah tersebut mengetahui dan pernah berinteraksi dengan aktivitas pertambangan emas rakyat yang ada di sekitar lingkungan mereka. Peserta didik belum memahami dengan baik dampak dari aktivitas pertambangan tersebut terhadap lingkungan dan kehidupan di masa depan. Rusaknya lingkungan di sekitar pertambangan dan masyarakat sekitar tidak memperdulikannya. Sebagai seorang pendidik yang mengetahui hal tersebut sebaiknya memberikan pengetahuan sejak dini kepada peserta didik agar lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran melalui pendidikan terutama bagi pelajar di sekitar daerah pertambangan dengan cara membuat bahan ajar berupa modul bioteknologi. Modul tersebut diharapkan dapat memberikan informasi terkait bakteri yang mampu mendegradasi polutan Hg dan CN yang terdapat dipertambangan emas rakyat Sekotong. Selain itu data identifikasi bakteri yang diperoleh dari hasil penelitian yang terdapat pada modul dapat memberikan informasi bagi peserta didik sebagai contoh peranan mikroorganisme dalam bioteknologi lingkungan. Modul sebagai sarana belajar dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai membantu peserta didik belajar dan mengembangkan keterampilan abad 21. Selain itu dengan adanya penyusunan materi ajar berdasarkan hasil pengujian yang terdapat pada modul maka akan diperoleh informasi dan data yang akurat terbaru dan berkelanjutan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan di SMAN 1 Lembar mengenai keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis sudah diterapkan dalam pembelajaran namun belum optimal. Keterampilan komunikasi juga sudah diterapkan dalam proses pembelajaran tetapi hanya sebatas tanya jawab dengan peserta didik. Keterampilan komunikasi yang rendah dapat membuat kemampuan bekerjasama dan kemampuan menulis yang rendah. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi saat pembelajaran dilakukan dengan menerapkan modul pembelajaran berbasis masalah berdasarkan hasil identifikasi bakteri limbah air pertambangan emas rakyat di Sekotong. Pengembangan bahan ajar modul menggunakan sintaks pembelajaran problem based learning (PBL) diharapkan dapat memfasilitasi dan melatih peserta didik terkait keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini menghasilkan modul materi bioteknologi yang valid praktis efektif dan untuk mengetahui efektivitas modul terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan modul pembelajaran adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (menganalisis) design (merancang) develop (mengembangkan) implement (menerapkan) evaluate (mengevaluasi). Konten dalam modul berdasarkan hasil penelitian identifikasi bakteri limbah air pertambangan emas rakyat di Sekotong pada materi bioteknologi kelas XII MIPA di SMAN 1 Lembar. Modul materi bioteknologi berupa produk yang dihasilkan diuji coba terlebih dahulu kevalidannya oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan. Kepraktisan modul dilihat berdasarkan respon peserta didik sedangkan keefektifan modul diuji menggunakan Ancova. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah soal esay tes awal dan tes akhir sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi adalah lembar pengamatan tes awal dan tes akhir. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anacova. Hasil kevalidan dan kepraktisan modul yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa modul telah valid praktis dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi bioteknologi. Hasil keefektifan modul menunjukkan terdapat pengaruh modul terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263056

Actions (login required)

View Item View Item