Pengembangan e-module adiwiyata berbasis multi model untuk meningkatkan literasi teknologi, keterampilan kolaborasi, dan literasi lingkungan siswa kelas x semester 2 di SMAN 2 Malang / Intan Ayu Idha Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module adiwiyata berbasis multi model untuk meningkatkan literasi teknologi, keterampilan kolaborasi, dan literasi lingkungan siswa kelas x semester 2 di SMAN 2 Malang / Intan Ayu Idha Wulandari

Wulandari, Intan Ayu Idha (2022) Pengembangan e-module adiwiyata berbasis multi model untuk meningkatkan literasi teknologi, keterampilan kolaborasi, dan literasi lingkungan siswa kelas x semester 2 di SMAN 2 Malang / Intan Ayu Idha Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Intan Ayu Idha. 2022. Pengembangan E-Module Adiwiyata Berbasis Multi Model untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X Semester 2 di SMAN 2 Malang. Tesis Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. dan Dr. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci adiwiyata multi model literasi teknologi keterampilan kolaborasi literasi lingkungan Lingkungan merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Program pendidikan yang telah dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup adalah Program Adiwiyata. Pada pelaksanaan Program Adiwiyata kesenjangan yang dialami sekolah yakni pada aspek literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa. Pada aspek literasi teknologi siswa belum terlatih dalam memahami legalitas dan hak cipta suatu produk karena menyangkut pribadi setiap siswa yakni karakter siswa penilaian moral siswa dan mentalitas siswa. Pada aspek keterampilan kolaborasi siswa belum dapat berkompromi dengan baik untuk menciptakan fleksibilitas dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada aspek literasi lingkungan diketahui bahwa pada pengetahuan sikap dan perilaku siswa terhadap lingkungan yakni masih di bawah kriteria ketuntasan minimal sekolah yakni 75. Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini dibuat dengan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan menguji kevalidan menguji kepraktisan dan menguji keefektifan E-Module Adiwiyata Berbasis Multi Model untuk meningkatkan literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa kelas X semester 2 di SMAN 2 Malang. Model penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan model Lee amp Owens. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelompok siswa yakni X MIPA 1 di SMAN 2 Malang. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan Pre Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Materi yang dikembangkan dalam e-module yakni tentang Adiwiyata yang meliputi Pemilahan Sampah Pembuatan Kompos Pembuatan Produk Daur Ulang Bank Sampah dan Rumah Jamur. Terdapat tiga uji yang digunakan untuk mengetahui kelayakan pemakaian e-module yang dibuat yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji pertama yang dilakukan yakni uji kevalidan dilakukan pada validator ahli materi ahli media dan praktisi Pendidikan Biologi yang memperoleh hasil bahwa e-module telah valid dan dapat diimplementasikan. Uji kedua yakni uji kepraktisan yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan angket respons kepraktisan siswa yang diadaptasi dari angket respons kepraktisan dari Thiagarajan. Terdapat empat langkah uji kepraktisan yang dilakukan yakni Uji Coba Perorangan (One To One Trial) memperoleh komentar responden bahwa e-module yang dibuat yakni menarik dan mudah digunakan di setiap tempat dan waktu. Uji Coba Kelompok Kecil (Small Group Trial) memperoleh komentar responden bahwa e-module yang dibuat yakni modern memperluas materi mudah dibaca mudah dipahami dan perlu ditambah gambar. Uji Coba Lapangan (Field Trial) memperoleh komentar responden bahwa e-module yang dibuat yakni gambar menarik menerapkan e-module pada pembelajaran Biologi mudah disebarkan membantu dalam pembelajaran dan kuis yang diberikan menarik. Uji Coba Conduct Pilot Test memperoleh komentar responden bahwa e-module yang dibuat yakni memuat kegiatan di SMAN 2 Malang cocok diimplementasikan di pembelajaran Biologi sesuai teknologi masa kini tersusun sistematis dan dapat digunakan di laptop maupun handphone. Berdasarkan keempat uji yang dilakukan diperoleh hasil bahwa e-module sangat praktis. Setelah dilakukan uji kepraktisan maka dilakukan uji keefektifan. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji keefektifan yakni E-Module Adiwiyata dapat meningkatkan literasi lingkungan dengan kategori keefektifan sedang literasi teknologi dan keterampilan kolaborasi di setiap pertemuan yakni terjadi kenaikan. Hal ini dapat terjadi akibat indikator literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan pada penelitian dan pengembangan ini dilatihkan di setiap langkah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Discovery Learning (DL) dan Project Based Learning (PjBL). Penunjang keberhasilan e-module efektif meningkatkan literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan yakni karena e-module dibuat dengan berbasis website yang memiliki lebih banyak fitur seperti menu untuk menyimpan biodata diri siswa melihat video permasalahan lingkungan membaca materi Adiwiyata menjawab pertanyaan terkait lingkungan saling berkomentar untuk saling melengkapi jawaban selain itu juga dapat menyimpan materi yang ingin diarsipkan dalam e-module. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yakni E-Module Adiwiyata Berbasis Multi Model efektif untuk meningkatkan literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa kelas X semester 2 di SMAN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263054

Actions (login required)

View Item View Item