Triwibowo, Sigit (2021) Pengaruh siklus belajar 7e terintegrasi stem terhadap literasi Sains dan berpikir kritis Siswa pada materi usaha dan energi / Sigit Triwibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Usaha dan energi merupakan konsep fundamental yang memiliki relevansi tinggi bagi kehidupan kita sehari-hari. Konsep ini dapat di aplikasikan pada permasalahan mekanika tanpa menggunakan hukum Newton. Banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi ini. Kesulitan siswa mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep siswa. Siswa tidak dapat mengaplikasikan konsep pada permasalahan nyata sehari-hari. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari siswa perlu memiliki kemampuan literasi sains. Siswa dengan kemampuan literasi sains mempunyai pemahaman konsep kemampuan penalaran kemampuan menerapkan pengetahuan yang baik dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang baik mampu menganalisis konsep mengevaluasi bukti yang valid dan menarik kesimpulan dalam suatu masalah dengan baik. Banyak upaya positif yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui peningkatan literasi sains dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Namun masih ditemukan siswa yang belum mampu berpikir kritis dalam menjelaskan suatu permasalahan pada pembelajaran 5E. Beberapa penelitian menunjukkan siklus belajar 7E mampu meningkatkan literasi sains dan berpikir kritis. Hal ini menjadi alasan peneliti menggunakan siklus belajar 7E terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains dan berpikir kritis siswa. STEM digunakan untuk memaksimalkan siklus belajar 7E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh siklus belajar 7E terintegrasi STEM terhadap literasi sains dan berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 4 Madiun tahun ajaran 2020/2021. Instrumen perlakuan meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. Instrumen pengukuran meliputi pedoman wawancara lembar observasi keterlaksaan pembelajaran intrumen tes literasi sains yang berisi 5 butir soal uraian dan instrumen tes berpikir kritis yang berisi 7 butir soal uraian. Pengambilan data dilakukan dengan tes wawancara dan observasi. Analisis kuantitatif dilakukan pada hasil pretest dan posttest menggunakan uji beda Wilcoxon n-gain dan effect size. Analisis kualitatif dilakukan terhadap hasil jawaban tes siswa hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil wawancara siswa seabagai pendukung data kuantitatif. Hasil analisis data pada uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata siswa pada pretest dan posttest kemampuan literasi sains (sig 0 000 lt 0 5) maupun berpikir kritis (sig. 0 001 lt 0 05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siklus belajar 7E terintegrasi STEM pada literasi sains dan berpikir kritis siswa pada materi usaha energi namun dengan kuat pengaruh yang tergolong sedang dengan nilai effect size 0 987 untuk literasi sains dan 0 661 untuk berpikir kritis. Peningkatan rata-rata skor pretest dan posttest tergolong rendah dengan nilai N-gain 0 158 untuk literasi sains dan 0 053 untuk berpikir kritis. Rata-rata skor kemampuan literasi sains meningkat pada semua indikator. Peningkatan rata-rata tertinggi terdapat pada indikator literasi sains interprete data and evidence scientifically. Peningkatan rar-rata skor siswa pada kemampuan beripikir kritis terdapat pada indikator interpretation analysis inference self-regulation. Indikator evaluation dan explanation tidak menunjukkan adanya peningkatan rara-rata skor. Rata-rata skor pada dua indikator ini sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263045 |
Actions (login required)
View Item |