Modeling instruction dengan conceptual problem solving untuk menganalisis model mental dan kemampuan pemecahan masalah Siswa pada materi impuls dan momentum / Rendik Dwi Purwowidodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Modeling instruction dengan conceptual problem solving untuk menganalisis model mental dan kemampuan pemecahan masalah Siswa pada materi impuls dan momentum / Rendik Dwi Purwowidodo

Purwowidodo, Rendik Dwi (2022) Modeling instruction dengan conceptual problem solving untuk menganalisis model mental dan kemampuan pemecahan masalah Siswa pada materi impuls dan momentum / Rendik Dwi Purwowidodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena-fenomena alam. Impuls dan momentum merupakan salah satu materi fisika yang didapat berdasarkan fenomena di alam. Pemecahan masalah pada materi ini masih banyak mengalami kesulitan. Dalam pemecahan masalah didasari oleh proses penalaran dari analogi pengetahuan baru dengan pengetahuan yang ada atau disebut dengan model mental. Dalam pembelajaran fisika siswa mengalami kesulitan untuk pemecahan masalah pada suatu fenomena fisika sehingga tidak berkembangnya model mental dalam struktur kognitifnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa dengan menerapkan modeling instruction dan conceptual problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modeling instruction dan conceptual problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa pada materi impuls dan momentum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental model. Penelitian dilakukan pada 35 siswa kelas XI di SMA An-nur Bululawang. Data penelitian diambil dari hasil observasi selama pembelajaran nilai pretest-posttest dan hasil wawancara guna memperoleh alasan siswa. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis ditemukan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan model mental pada siswa. Ditunjukkan dengan meningkatnya rerata niai pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah 46 7 menjadi 60 0 dan rerata pretest-posttest model metal 33 3 menjadi 36 7. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan model mental dengan pembelajaran modeling instruction dan conceptual problem solving masih dalam kategori sedang. ditunjukkan nilai N-gain sebesar 0 40 untuk kemampuan pemecahan masalah dan 0 38 untuk model mental. Sementara berdasar nilai dari effect size pembelajaran modeling instruction dengan ceonceptual problem solving memberikan pengaruh dalam meningkatnya kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa. Kemampuan pemecahan masalah dalam penelitan ini secara umum termasuk kategori plug-and-chug structured manner. Siswa cenderung memecahkan masalah didasari berdasarkan persamaan matematis. Untuk model mental secara umum termasuk dalam kategori model mental tipe descriptive yang menjelaskan solusi sesuai dengan variable tanpa menjelaskan hubungan sebab akibat antar variable

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263043

Actions (login required)

View Item View Item