Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah Siswa melalui pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif pada topik usaha dan energi / Muhammad Muadz Alfaruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah Siswa melalui pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif pada topik usaha dan energi / Muhammad Muadz Alfaruq

Muadz Alfaruq, Muhammad (2022) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah Siswa melalui pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif pada topik usaha dan energi / Muhammad Muadz Alfaruq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui model pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif masih terbatas. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang mendalam terkait proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah yang baik dapat membantu siswa dalam memahami konsep fisika salah satunya pada materi usaha dan energi. Penelitian mixed methods dengan desain embedded experimental ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan level kemampuan pemecahan masalah dan level kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif dan kelas kontrol yang belajar dengan model pembelajaran inquiry tanpa e-scaffolding metakognitif. Instrumen tes yang digunakan meliputi tes kemampuan pemecahan masalah dengan reliabilitas 0 552 dan tes kemampuan argumentasi ilmiah dengan reliabilitas 0 642. Data penelitian diperoleh melalui pre-test dan pos-test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U test dan cross tabulation. Hasil penelitian menemukan terjadi peningkatan skor post-test kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang signifikan pada kelas eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakogniti. Berdasarkan analisis cross tabulation ditemukan bahwa jumlah siswa pada kelas eksperimen meningkat lebih banyak dari pada kelas kontrol. Perbedaan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry berstrategi e-scaffolding metakognitif memberikan dampak peningkatan lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Level kemampuan Pemecahan masalah siswa awalnya dominan berada pada level 3 sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran siswa dominan berada pada level 4 dan level kemampuan argumentasi ilmiah juga meningkat siswa awalnya dominan berada pada level 3 sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran siswa dominan berada pada level 4.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263042

Actions (login required)

View Item View Item