Efektivitas metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran biologi kelas II SMU Neger I Sidayu Gresik oleh Ainun Afidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran biologi kelas II SMU Neger I Sidayu Gresik oleh Ainun Afidah

Afidah, Ainun (2010) Efektivitas metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran biologi kelas II SMU Neger I Sidayu Gresik oleh Ainun Afidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK AfidahA inun.2 002.E fektivitasM elode Diskusdi enganP endekataKn onstruktivi.gme Ibrhadap Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas II SMU Negeri I Sidoyu Gresik. Skripsi Jurusan Biologi Program studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas NegeriMalang. Pembimbin(gl) Drs.S oewoloM .Pd. ( 2) Drs.S arwonoM .pd. Katak unci Diskusib iasa d iskusik onstruktivismep restasbi elajar a ktivitas Dalamu sahap encapaiantu juan belajars angatd iperlukank omunikasti imbal balik dan kerja sama yang baik antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan gurus. alahs atup embelajarayna ngm engutamakakno munikasdi ank erjasama adalah metoded iskusi.D alamd iskusii ni siswad ituntuta ktif selamap rosesb elajarm engajar berlangsungu.n tuk mengaktifkans iswa dalam prosesb elajar mengajart ersebut makad alamp elaksanaamn etoded iskusii ni disertaip endekatank onstruktivismed i manap endekatanin i lebih menekankanp adap entingnyak eaktifans iswa.P enelitian ini bertujuanu ntuk mengetahui l) perbedaana ktivitqs dan prestasib elajar antara siswa yang diajar dengan metode diskusi biasa dengan siswa yang diajar dengan metoded iskusi konstrulfivisme 2 ) efektivitasp enggunaanm etoded iskusi dengan pendekatakno nstruktivismete rhadapp eningkatana ktivitasd anp restasbi elajars iswa. Rancanganp enelitian yang digunakana dalahP retest-PostesCt ontrol Group Design dengan pemilahan kelompok yang diacak. Populasi penelitian adalah siswa kelasl l SMU Negeri I SidayuG resikt ahun pelajaran2 002D0A3s ebanyak7 kelas sedangkasna mpelnya2 kelasy ang ditentukans ecaraa cak. Kelas II3 sebagaki elas kontrol dan kelas lla sebagai kelas eksperimen. Data aktivitas siswa selama proses belajarm engajard irekam denganm enggunakanle mbar observasis edangkand ata presasi belajar siswa diperoleh dari selisih skor pascatesd an prates.D ata aktivitas siswad ianalisisd engana nalisisd eskripsi-kuantitatisf e dangkand atap restasbi elajar siswad ianalisisd enganm enggunakarnu musu ji bedar ata-ratap adat araf sifnifikansi 0 05. Hasil penelitiani ni menunjukkanb ahwa l ) sisway angd iajar denganm etode diskusik onstrulctivismlee bih aktif daripadas isway angd iajard enganm etoded iskusi biasa 2) siswa yang diajar dengan metode diskusi konstruktivisme mempunyai prestasbi elajarl ebih baik Caripadas isway ang diajar denganm etoded iskusib iasa dan3 ) penggunaamn etoded iskusik onstruktivismele bih efektif dalamm eningkatkan prestasbi elajard ana ktivitass iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item