Pengembangan tes berpikir tingkat tinggi (hots) materi optik untuk SMA / Puput Harjanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes berpikir tingkat tinggi (hots) materi optik untuk SMA / Puput Harjanto

Harjanto, Puput (2020) Pengembangan tes berpikir tingkat tinggi (hots) materi optik untuk SMA / Puput Harjanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan yang dilengkapi dengan langkah pengembangan tes oleh Mardapi. Tahap ndash tahap yang dilakukan meliputi tahap define design develop dan disseminate. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa soal bentuk pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika. Validitas instrumen penilaian dilakukan oleh guru fisika SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 30 peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMAN 1 Ponorogo. Uji coba secara luas dilakukan pada 150 peserta didik yang terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Ponorogo dan kelas XI MIPA di MAN 2 Ponorogo. Penggunaan instrumen penilaian yang dikembangkan untuk mengukur kemapuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika dilakukan di SMA N 1 Slahung yang melibatkan 90 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan aplikasi Quest dan Parscale untuk mengetahui (1) Kecocokan Item Instrumen (fit MNSQ) (2) Reliabilitas (3) Indeks Kesukaran dan (4) Fungsi Informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diperoleh instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi optika sebanyak 20 butir soal yang layak digunakan dengan kriteria valid dengan indeks V Aikens pada rentang 0 94 sampai 1 00 reliabel dengan nilai relibility of estimates 0 97 yang masuk dalam kategori sangat reliabel dan fungsi informasi pada rentang -1 7 sampai 1 8 cocok (fit) dengan Model Rasch yang dibuktikan dengan nilai infit MNSQ antara 0 81 sampai 1 28 dan mean 0 99 dan memenuhi syarat tingkat kesukaran butir (b) dengan rentang tingkat kesukaran berada antara -1 62 sampai 1 23 dengan mean 0 0 (2) Kemampuan berpikir tingkat tinggi ( ) materi optika di SMAN 1 Slahung masuk dalam kategori rendah dengan rentang nilai antara -2 68 sampai 1 36 dengan mean -0 9.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263039

Actions (login required)

View Item View Item