Analisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada hukum Newton dalam pembelajaran problem Based Learning Terintegrasi E-Learning disertai simulation Based Formative Assessment / Hellmy Nur Pratama Annuari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada hukum Newton dalam pembelajaran problem Based Learning Terintegrasi E-Learning disertai simulation Based Formative Assessment / Hellmy Nur Pratama Annuari Putri

Putri, Hellmy Nur Pratama Annuari (2022) Analisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada hukum Newton dalam pembelajaran problem Based Learning Terintegrasi E-Learning disertai simulation Based Formative Assessment / Hellmy Nur Pratama Annuari Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hukum Newton merupakan topik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa sering menggunakan intuisi serta pemikiran naif mereka dalam memahami fenomena. Selain itu terdapat fenomena abstrak yang tidak dapat divisualisasikan. Dampaknya siswa mengalami kesulitan dalam mengonstruksi konsepsinya. Pembentukan konsepsi yang tidak benar juga akan mempengaruhi pemecahan masalahnya. Hal tersebut diperlukan pembelajaran yang mendukung pembentukan konsepsi siswa dan pemecahan masalah secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran problem based learning terintegrasi e-learning disertai simulation based formative assessment. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan explanatory design. Terdapat satu kelas yang terdiri dari 34 siswa. Kelas ini diberi perlakuan dengan Problem based learning terintegrasi e-learnig disertai simulation based formative assessment. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes multiple true false berasalan yang terdiri dari 9 soal. Instrumen penelitian ini diadaptasi dari FCI (force concept inventory) dan FVA (force velocity and acceleration) serta sudah tervalidasi dengan indeks Alpha Cronbach 0 732. Instrument Multiple true false digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa sedangkan alasannya digunakan untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial paired sample T test dengan analisis lanjutan N gain. Analisis data kualitatif menggunakan analisis konten. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dengan rerata 68 dan keterampilam pemecahan masalah dengan rerata 34 setelah mendapatkan perlakuakn problem based learning yang dikolaborasikan dengan simulation based formative assessment. Hal ini dikarenakan di dalam pembelajaran siswa dibiasakan untuk investigasi diskusi dan evaluasi dalam memecahkan masalah serta peran simulasi membantu siswa untuk mengonstruksi pemahaman konsepnya. Konsepsi ilmiah akan membantu siswa dalam memecahkan masalahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263036

Actions (login required)

View Item View Item