Profil physics teacher identity (pti) dan technological pedagogical content knowledge (tpack) guru Fisika di Nusa Tenggara Barat / Baiq Rizkia Ayu Latifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil physics teacher identity (pti) dan technological pedagogical content knowledge (tpack) guru Fisika di Nusa Tenggara Barat / Baiq Rizkia Ayu Latifa

Latifa, Baiq Rizkia Ayu (2022) Profil physics teacher identity (pti) dan technological pedagogical content knowledge (tpack) guru Fisika di Nusa Tenggara Barat / Baiq Rizkia Ayu Latifa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Physics Teacher identity adalah kualitas yang dimiliki oleh guru fisika yang ditinjau berdasarkan pengalaman hidup pemikiran pribadi dan profesionalisme serta perasaannya yang berdampak pada kepribadian seorang guru fisika. Sedangkan technological pedagogical content knowledge (TPACK) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi pedagogik dan konten/materi pengetahuan. Kedua aspek tersebut terbentuk berdasarkan latarbelakang yang dimiliki oleh masing-masing guru tak terkecuali guru-guru yang ada di NTB. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) profil physics teacher identity (PTI) dan 2) profil technological pedagogical content knowledge (TPACK) yang dimiliki guru fisika di Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain rancangan explanatory. Subjek penelitian sebanyak 75 orang responden guru yang tersebar di seluruh wilayah NTB. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dengan survey sedangkan data kualitatif dengan wawancara semi terstruktur. Instrumen kuantitatif yang digunakan berupa kuesioner online dengan memanfaatkan google form dan instrumen kualitatif berupa pedoman wawancara. Analisis data secara kuantitatif menggunakan rasch model analysis sedangkan analisis data secara kualitatif dengan input data koding eksplorasi visualisasi dan penyajian dengan bantuan aplikasi nvivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Physics teacher identity yang dimiliki guru fisika di NTB telah mencakup seluruh komponen indikator yang ada antara lain physics teaching beliefs perasaan mengajar sosialisasi secara profesional serta pengetahuan dan keterampilan. (2) Technological pedagogical content knowledge yang dimiliki guru fisika di NTB tergolong cukup baik. Seluruh indikator TPACK antara lain technological knowledge technological content knowledge technological pedagogical knowledge dan technological pedagogical content knowledge. Guru-guru rata-rata sudah dapat menggabungkan seluruh komponen TPACK dengan cukup baik. Hal yang perlu digaris bawahi adalah guru-guru masih memerlukan adanya pelatihan khusus terkait teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran fisika. Khususnya untuk guru yang berusia di atas 40 tahun. Perubahan sistem pendidikan akibat pandemi berpengaruh pada sosialisasi secara profesional serta kemampuan dan keterampilan guru khususnya dalam penggunaan teknologi. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah perlunya memperbanyak responden wawancara yang dapat mewakili masing-masing demografi untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263034

Actions (login required)

View Item View Item