Sari, Sinta Purwita (2022) Eksplorasi teacher identity (ti) dan pedagogical content knowledge (PCK) Guru Fisika Lulusan S2. / Sinta Purwita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsep teacher identity dan pedagogical content knowledge berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian mengenai teacher identity masih jarang dilakukan di Indonesia. Teacher identity memiliki potensi untuk menggambarkan bagaimana perkembangan profesionalisme guru. Pedagogical content knowledge merupakan kemampuan guru untuk mengintegrasikan pengetahuan konten dan pengetahuan kurikulum proses belajar mengajar dan memahami karakteristik siswa yang merujuk pada pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teacher identity dan pedagogical content knowledge guru fisika yang sudah menempuh pendidikan S2. Hal ini ditinjau dari nature identity affinity identity institution identity dan discourse identity. Peneliti juga melakukan analisis mengenai aspek orientasi pengajaran sains guru pengetahuan siswa pengetahuan penilaian pengetahuan strategi dan pengetahuan kurikulum yang dimiliki oleh guru lulusan S2. Penelitian dilakukan menggunakan desain studi kasus. Metode ini sesuai digunakan dalam penelitian ini karena peneliti bertujuan untuk memahami suatu realitas yang kompleks mengenai teacher identity dan pedagogical content knowledge untuk menghasilkan informasi yang mendalam dan ilustratif untuk memahami berbagai dimensi masalah yang dianalisis. Penelitian melibatkan dua narasumber yaitu IC dan AI yang merupakan guru fisika lulusan S2 dengan pengalaman mengajar selama lebih dari 15 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur observasi pembelajaran catatan lapangan survey siswa dan analisis dokumen. Wawancara juga dilakukan pada siswa dan kolega dari guru fisika lulusan S2. Analisis data dilakukan dengan cara analisis induktif menggunakan word cloud project map dan matrix coding query pada NVIVO. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nature identity guru fisika lulusan S2 adalah gaya belajarnya berbeda menyukai matematika dan dipengaruhi oleh keluarganya. Affinity yaitu MGMP berpengaruh pada pengembangan profesionalitas guru fisika lulusan S2. Institutional identity berpengaruh pada pengembangan identitas guru fisika lulusan S2 yaitu pengalamannya saat bersekolah kampus dan tempat bekerja. Analisis discourse identity menunjukkan bahwa guru fisika lulusan S2 ingin menjadi guru yang tidak ditakuti oleh siswa. Hubungan yang paling kuat adalah pengaruh institutional identity pada aspek PCK guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263033 |
Actions (login required)
View Item |