Pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis e-learning untuk membantu meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi dinamika rotasi / Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis e-learning untuk membantu meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi dinamika rotasi / Nur Azizah

Azizah, Nur (2022) Pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis e-learning untuk membantu meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi dinamika rotasi / Nur Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika rotasi merupakan salah satu topik yang mendasar dalam fisika. kesulitan siswa pada dinamika translasi lebih banyak diteliti dalam Pendidikan dibandingkan dinamika rotasi. Padahal dinamika rotasi merupakan materi mendasar yang harus dipahami oleh siswa. Kesulitan tersebut disebabkan oleh pembelajaran fisika yang dilaksanakan lebih sering ditunjukkan secara matematis dan tidak mengutamakan penguasaan konsep siswa. Beberapa penelitian telah menunjukkan kesulitan siswa pada materi Dinamika Rotasi. Kesulitan siswa ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsepnya. Dalam hal ini peneliti memandang perlu untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara umum dalam penguasaan konsep oleh siswa dan tidak terbatas waktu yaitu berupa interactive video berbasis e-leaning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan video yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian 4D oleh Thiagarajan yaitu define design develop dan disseminate. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest pada 84 siswa kelas XI MIPA MA Salafiyah Simbangkulon menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes penguasaan konsep pada Dinamika Rotasi dan instrumen lembar angket validasi respon siswa guru dan orang tua terhadap video pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Tes instrumen penguasaan konsep siswa berbentuk 20 butir soal esai dengan reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha 0 901 (kategori sangat tinggi). Hasil validasi terhadap produk dan alat evaluasi direkap menjadi skor total skor rerata dan nilai untuk menentukan kriteria kelayakan dari validator ahli. Nilai hasil validasi ahli adalah 3 42 dengan formula Aiken rsquo s sebesar 0 80 yang termasuk kategoi valid. lembar angket respon siswa 3 65 lembar angket respon guru 3 45 dan lembar angket respon orang tua 3 05 dari skala 4. Nilai hasil validasi semua instrumen telah memenuhi kriteria valid. Video pembelajaran yang dibuat juga berpengaruh pada peningkatan penguasaan konsep siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 76 2% dan nilai N-gain sebesar 5 07 atau masuk pada kategori sedang. Peningkatan hasil belajar kognitif ini semakin menegaskan bahwa pengunaan video pembelajaran berbasis e learnng sangat tepat untuk diterapkan pada proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263031

Actions (login required)

View Item View Item