Upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas I semester II SMPN 2 Sukowono Jember dalam mata pelajaran biologi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif, adaptasi model jigsaw oleh Dwi Sri Astutik

Astutik, Dwi Sri (2010) Upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas I semester II SMPN 2 Sukowono Jember dalam mata pelajaran biologi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif, adaptasi model jigsaw oleh Dwi Sri Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihanm etodep embelajaranya ngt epatd apatb erdampakp ositif terhadap prestasbi elajars iswa. Selamai ni metodep embelajarany ang seringd igrurakan khususnyad i SMPN 2 SukowonoJ emberd alam mata pelajaranb iologi adalah pembelajarank onvensionald engan metode ceramah, yang ternyata kurang mampum eningkatkanp restasbi elajars iswa. Berdasarkahna sil wawancarad engang urub iologi danh asilo bservasCi i kelas I SMPN 2 Sukowono Jember, diketahui bahwa siswa kurang termotivasi dalam mengikutik egiatanp embelajaranH. al ini dapat ditunjukkan denganp erilaku siswas elamap embelajarabne rlangsungy,a itu: siswam engantukd alamm engikuti pembelajarank,u rangb ersemangakt,u rangm emusatkanp erhatianp adap elajaran dan cenderungp asif Berdasarkank ondisi tersebut,m aka dilakukan penelitian tindakank elas denganm enerapkanm etode pembelajarank ooperatif adaptasi modejli gsawd alamr angkau ntukm eningkatkanp restasbi elajars iswa. Metodep enelitiany angd igunakana dalahp enelitiand eskriptifk ualitatif yang berbentukti ndakank elasd an dirancangd alam dua siklus.M asing-masingsi klus terdiri dari empat tahapany ang terdiri dari perencanaantin dakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reJlection)S. ubyekp enelitiani ni adalah siswa kelas iC SMPN 2 Sukowono Jembeyr angb erjumlah3 5 siswad ang uruk elasy angm engajark elast ersebut. Hasrl penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajarakno operatif,a daptasmi odelj igsaw dapatm eningkatkanh asil belajar sebesa3r1 ,72%p adas iklusI dan4 1,14%poa das iklusI I. Kualitash asilb elajarp un meningkadt ari baik dengann ilai PersentasAe nalisis (Pa) sebesa7r 1o/om enjadi sangabt aik dengann ilai PersentasAen alisis( Pa)s ebesa8r 6,28%. Berdasarkanh asil penelitian dapat disimpulkanb ahwa penerapanm etode pembelajarank ooperatif, adaptasim odel jigsaw dapat meningkatkanp restasi belajars iswa.O leh karenai tu, disarankanb agi guru bidangs tudi biologi untuk menggunakamn etodep embelajarakno operatit,a daptasmi odelj igsaw ini sebagai alternatif\dalam membelajarkan siswa dan bagi peneliti yang lain, dapat mengembangkapne nelitiani ni denganp okokb ahasanla in.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item