Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konsep & keterampilan proses sains peserta didik ma / Nanda Rizky Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konsep & keterampilan proses sains peserta didik ma / Nanda Rizky Aulia

Aulia, Nanda Rizky (2022) Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konsep & keterampilan proses sains peserta didik ma / Nanda Rizky Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Virtual Laboratory Physics dan untuk mengetahui tingkat kelayakan serta mengetahui keefektifan dari produk yang telah dihasilkan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains terhadap peserta didik kelas XI MAN 1 Jembrana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R amp D (Research and Development) dengan prosedur penelitian 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (dissiminate). Penelitian ini melibatkan 40 peserta didik (20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas kontrol) yang diposisikan sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan berupa hasil validasi produk yang dikembangkan dan hasil belajar pretest dan posttest.yang terintegrasi dari tes pilihan ganda serta essay. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statiska deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif berupa rerata serta statiska analitik berupa ANCOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta respon peserta didik Virtual Laboratory Physics mendapatkan kriteria layak untuk digunakan dengan mendapatkan persentase rata-rata kelayakan media sebesar 81% dan rata-rata kelayakan materi sebesar 89% serta respon peserta didik mendapatkan perolehan persentase sebesar 89 53%. Produk Virtual Laboratory Physics juga efektif digunakan dilihat dari hasil analisis ANCOVA satu jalur komparasi nilai pretest amp posttest antara kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig. 0 001 le 0 05 nilai (alpha) yang menginformasikan ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pendekatan saintifik berbantuan aplikasi Virtual Labs Physics dan konvensional. Adapun Effect Size yang diperoleh pada pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0 692 dengan kriteria ada pengaruh yang besar terhadap perlakuan yang diberikan sedangkan pada keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0 873 dengan kriteria ada pengaruh yang besar terhadap perlakuan yang diberikan. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini maka bagi sekolah yang tidak memiliki kelengkapan fasilitas laboratorium dapat menggunakan Virtual Laboratory Physics sebagai solusi kurangnya sarana dan prasarana laboratorium.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 03:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263029

Actions (login required)

View Item View Item