Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 7e terintegrasi pck (pedagogical content knowledge) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Dinda Taruna Nagara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 7e terintegrasi pck (pedagogical content knowledge) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Dinda Taruna Nagara

Nagara, Dinda Taruna Nagara (2021) Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 7e terintegrasi pck (pedagogical content knowledge) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Dinda Taruna Nagara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar mengajar perlu didukung dengan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar perlu menyesuaikan perubahan era global. Tantangan guru pada era global adalah guru melaksanakan pembelajar terpusat pada siswa. Model pembelajaran efektif terpusat pada siswa salah satunya adalah model learning cycle 7E. Di sisi lain guru perlu mengeksplorasi pengetahuan dan merancang strategi pembelajaran dengan PCK yang berfokus pada kemampuan penguasaan konsep siswa. Bahan ajar yang dirancang oleh guru saat ini dinilai kurang efektif karena kurang memperhatikan persiapan dan teknik penyampaian materi. Selain itu keterampilan dalam mempersiapkan RPP dan keterampilan mengajar dinilai masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar model learning cycle 7E terintegrasi PCK dengan katergori layak praktis dan efektif agar kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton menjadi semakin meningkat. Penelitian ini menerapkan rancangan model 4D (define design develop dan disseminate). Pengukuran kelayakan bahan ajar didasarkan pada hasil validasi ahli 1 Dosen dan 2 guru serta uji aspek keterbacaan kelompok kecil oleh 10 siswa SMAN 1 Pare. Pengukuran validitas instrumen butir soal penguasaan konsep didasarkan pada hasil validasi ahli dan validasi empiris. Subyek yang digunakan pada validasi empiris sejumlah 101 siswa kelas XI dengan syarat telah memperoleh materi hukum Newton sebelumnya. Reliabilitas butir soal penguasaan konsep diperoleh nilai sebesar 0 589. Pengukuran kepraktisan bahan ajar didasarkan pada hasil nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengukuran keefektifan bahan ajar didasarkan pada hasil penelitian kuasi eksperimen pretest-posttest control group design kemampuan penguasaan konsep siswa. Subyek uji coba terbatas merupakan siswa kelas X SMAN 1 Pare sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data aspek kelayakan kepraktisan dianalisis dengan membandingkan persentase (%) hasil yang diperoleh terhadap Tabel rentang skor yang diharapkan. Aspek keefektifan dianalisis dengan uji statistk non-parametric yaitu uji Mann-Whitney. Hasil validasi ahli pada buku siswa oleh dosen sebesar 85% (sangat valid) dan guru 97 5% (sangat valid). Hasil validasi ahli pada buku pedoman guru sebesar 78 03% (cukup valid). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 86 26% (sangat baik). Dengan demikian bahan ajar PCK learning cycle 7E layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 93 27% (sangat praktis). Nilai tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar PCK learning cycle 7E praktis diterapkan pada pembelajaran. Hasil uji Mann-Whitney pada nilai pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan tidak ada perbedaan dikarenakan kondisi awal kemampuan penguasaan konsep kedua kelas identik serupa. Hasil uji Mann-Whitney pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan ada perbedaan dan nilai kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Penyebab perbedaan nilai yang tinggi pada kelas eksperimen adalah siswa dan guru menerapkan bahan ajar hasil pengembangan sehingga siswa menjadi aktif selama pembelajaran dan tujuan guru untuk menciptakan proses pembelajaran mengaitkan informasi atau materi baru dengan konsep-konsep yang telah ada telah tercapai. Dengan demikian bahan ajar model learning cycle 7E terintegrasi PCK disebut efektif meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263027

Actions (login required)

View Item View Item