Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi bandicam mata pelajaran matematika materi program linier dua variabel pada Siswa SMKN 2 Trenggalek / Agus Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi bandicam mata pelajaran matematika materi program linier dua variabel pada Siswa SMKN 2 Trenggalek / Agus Yulianto

Yulianto, Agus (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi bandicam mata pelajaran matematika materi program linier dua variabel pada Siswa SMKN 2 Trenggalek / Agus Yulianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam kondisi pandemi seperti ini karena mempunyai peran penting dalam terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran. Kemudahan media menjadi salah satu syarat tercapainya pembelajaran di era pandemi. Video Youtube adalah salah satu media yang banyak digunakan dalam pembelajaran dan memberikan materi kepada masyarakat tak terbatas. Kemasan media video di youtube sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Video dapat di buat dengan menggunakan banyak aplikasi seperti Bandicam untuk merekam layar dari Perangkat computer yang langsung bisa menjadi video. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi bandicam menjadi media pembelajaran yang di aploud di youtube pada materi program linier di SMKN 2 Trenggalek serta mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan bantuan aplikasi bandicam pada materi program linier. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan subjek penelitian siswa X AKL C SMKN 2 Trenggalek. Analisa data yang digunakan menggunakan Analisa deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil angket di hitung persentasenya untuk di analisis kefektifan kevalitan dan kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap 1 Analisis yaitu mengetahui kebutuhan siswa tahap 2 design mendesain media video yang bisa diterima siswa tahap 3 development yaitu membuat produk video pembelajaran sebanyak 5 buah tahap 4 implementation yaitu melakukan ujicoba terhadap siswa kelompok kecil dan kelompok besar tahap 5 evaluation yaitu melakukan evaluasi terhadap hasil penelitian dan pengembangan yang didapatkan hasil valid efektif dan praktis dari video pembelajaran. Persentase kevalidan 92 5% dari Ahli materi dan 95% dari guru pendamping. Kepraktisan sebesar 91 25% di dapatkan dari angket yang diberikan kepada siswa. Keefektifan didapatkan dengan ketuntasan pembelajaran lebih dari 80% siswa mampu menyelesaiakan materi pada video pembelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263025

Actions (login required)

View Item View Item