Pengembangan kuis interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi quizizz materi statistika kelas xii multimedia smk negeri 1 nguling / Erta Faradina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kuis interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi quizizz materi statistika kelas xii multimedia smk negeri 1 nguling / Erta Faradina

Faradina, Erta Faradina (2022) Pengembangan kuis interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi quizizz materi statistika kelas xii multimedia smk negeri 1 nguling / Erta Faradina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era digitalisasi yang disebut era revolusi industri 4.0 telah merambah ke berbagai sektor temasuk pendidikan. Hal ini dapat menjadi media yang sangat efektif dan efisien untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik atau tidak dapat dilihat dari tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu memperoleh hasil belajar yang tinggi. Sehingga perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang tepat dan secara optimal didukung oleh media interaktif untuk membangkitkan minat dan motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu strategi media interaktif yang tepat yaitu melakukan pengembangan kuis interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi Quizziz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan kuis interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi Quizizz materi statistika kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Nguling dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan validitas dan keefektifan kuis interaktif menggunakan aplikasi quizizz materi statistika kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Nguling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Nguling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian ahli / validator angket respon guru dan siswa serta tes evaluasi. Terdapat 5 tahap dalam melakukan penelitian model ADDIE yaitu 1) Tahap analysis 2) Tahap design 3) Tahap development 4) Tahap implementation dan 5) Tahap evaluation. Hasil validasi media kuis interaktif untuk ahli media 1 adalah 78% yang dinyatakan valid dan untuk ahli media 2 adalah 96% yang dinyatakan sangat valid. Hasil validasi soal kuis interaktif untuk ahli materi 1 adalah 86% yang dinyatakan sangat valid dan untuk ahli media 2 adalah 94% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan hasil angket respon untuk guru 1 adalah 80% dan untuk guru 2 adalah 94% yang menyatakan produk praktis dan layak digunakan tidak perlu revisi. Hasil angket respon siswa untuk uji coba skala kecil adalah 85% dan untuk uji coba skala besar adalah 92% yang menyatakan produk praktis dan layak digunakan tidak perlu revisi. Hal ini berarti dapat dinyatakan bahwa minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Quizizz dalam kategori tinggi atau siswa sangat tertarik dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Serta hasil ketuntasan belajar secara klasikal siswa adalah 91% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak. Proses pengembangan kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz pada tahap analysis dibedakan menjadi dua jenis yaitu analisis kebutuhan siswa dan analisis kurikulum. Tahap design dibedakan menjadi dua yaitu perancangan jenis produk dan perangkat yang digunakan. Tahap development ada dua langkah yaitu pembuatan kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz dan validasi instrument penelitian. Pada tahap implementation dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dan terakhir tahap evaluation yaitu pemberian tes evaluasi setelah siswa mengerjakan kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz. Nilai rata-rata hasil validasi instrument penelitian secara keseluruhan adalah 89% yang berarti bahwa kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz dengan materi statistika sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Nilai rata-rata hasil angket respon guru mendapatkan nilai 87% yang berarti bahwa produk kuis interaktif untuk angket respon guru dinyatakan sangat praktis layak digunakan tanpa revisi. Nilai rata-rata hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 89% yang berarti bahwa produk kuis interaktif untuk angket respon siswa dinyatakan sangat praktis layak digunakan. Serta kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz dikatakan efektif karena ketuntasan belajar klasikal siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Nguling dengan menggunakan kuis interaktif aplikasi Quizizz yaitu tercapai dengan ketuntasan 91%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263018

Actions (login required)

View Item View Item