Analisis kesalahan siswa smk berdasarkan newman dalam pemecahan masalah nilai mutlak ditinjau dari gaya belajar / Edy Sutarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa smk berdasarkan newman dalam pemecahan masalah nilai mutlak ditinjau dari gaya belajar / Edy Sutarto

Sutarto, Edy (2021) Analisis kesalahan siswa smk berdasarkan newman dalam pemecahan masalah nilai mutlak ditinjau dari gaya belajar / Edy Sutarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis kesalahan merupakan kegiatan untuk menelaah secara mendalam terhadap pekerjaan siswa. Kegiatan analisis kesalahan penting dilakukan karena mempunyai beberapa manfaat. Bagi guru analisis kesalahan sangat berguna untuk perbaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Bagi siswa diharapkan siswa tidak mengulang kesalahan yang sama pada materi pembelajaran berikutnya. Melalui analisis kesalahan jenis kesalahan dan penyebanya akan diketahui. Newman Error Analysis (NEA) merupakan salah satu metode analisis kesalahan yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan pada pemecahan masalah yang dilakukan siswa. Lima tahapan NEA digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebanya yang dilakukan siswa pada pemecahan masalah nilai mutlak. Sebaran jenis kesalahan siswa didistribusikan berdasarkan gaya belajara visual auditorial dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan penyebabnya yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah nilai mutlak ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan menggunakan dua subjek pada masing-masing gaya belajar. Pemilihan subjek dilakukan dengan kriteria siswa yang menjawab paling banyak dan melakukan banyak kesalahan pada jawabannya. Subjek penelitian terpilih diberikan wawancara seacara mendalam berdasarkan jawaban tes untuk mengetahui penyebab kesalahan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes angket gaya belajar dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan subjek dengan gaya belajar visual melakukan beberapa jenis kesalahan berdasarkan NEA. Subjek visual melakukan kesalahan comprehension error yaitu menuliskan unsur-unsur diketahui dan ditanya pada soal tetapi tidak sesuai. Kesalahan transformation error yaitu subjek visual salah dalam membuat model matematika. Kesalahan process skills error terjadi pada subjek visual yakni melakukan kesalahan perhitungan dan prosedur perhitungan. Sedangkan kesalahan encoding error terjadi yaitu subjek tidak menuliskan jawaban akhir sama sekali serta menuliskan jawaban akhir tetapi tidak sesuai. Deskripsi kesalahan berikutnya adalah subjek auditorial. Subjek dengan gaya belajar auditorial melakukan jenis kesalahan comprehension error yaitu tidak tepat dalam menuliskan unsur diketahui dan ditanyakan soal. Kesalahan process skills error terjadi pada subjek auditorial yakni subjek tidak melanjutkan proses perhitungan serta salah perhitungan. Sedangkan kesalahan encoding error terjadi pada subjek auditorial meliputi subjek menuliskan jawaban akhir tetapi tidak sesuai serta tidak menuliskan jawaban akhir sama sekali. Deskripsi kesalahan selanjutnya adalah subjek kinestetik. Subjek gaya belajar kinestetik melakukan semua jenis kesalahan berdasarkan NEA. Kesalahan reading error pada subjek kinestetik yaitu terdapat istilah pada soal yang tidak dapat dimaknai. Kesalahan comprehension error yakni subjek kinestetik kurang tepat dalam menuliskan unsur diketahui dan ditanya. Kesalahan transformation error pada subjek kinestetik meliputi siswa menuliskan model matematika tetapi tidak sesuai. Kesalahan process skills error terjadi pada subjek kinestetik yaitu subjek salah perhitungan dan salah melakukan prosedur perhitungan. Sedangkan kesalahan encoding error terjadi pada subjek kinestetik yakni subjek tidak menuliskan jawaban akhir sama sekali serta menuliskan jawaban akhir tetapi tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263017

Actions (login required)

View Item View Item