Rizkyta, Nadia Amalia (2022) Pengembangan lkpd berbasis mobile learning untuk representasi matematis visual pada materi himpunan / Nadia Amalia Rizkyta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Representasi matematis visual adalah model lain permasalahan atau situasi matematika kedalam bentuk gambar grafik tabel atau diagram sehingga lebih mudah dipahami dan mempermudah dalam menemukan solusi penyelesaian dari suatu masalah matematis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan memberikan post tes materi himpunan pada peserta didik SMP Negeri 1 Guluk-guluk ditemukan bahwa peserta didik lebih banyak mengalami kesalahan representasi visual dari pada repesentasi simbolik dan verbal. Hal ini dikarenakan kurang inovasi bahan ajar yang digunakan guru ketika mengajar sehingga peserta didik kurang tertarik pada saat pembelajaran. Bahan ajar yang dapat menarik minat belajar peserta didik adalah dengan menggunakan LKPD berbasis mobile learning yang berisikan animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis mobile learning untuk representasi matematis visual peserta didik pada materi himpunan yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluate. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Guluk-guluk kabupaten Sumenep provinsi Jawa Timur dengan subjek berjumlah 27 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP tes formatif angket respon peserta didik angket respon guru dan lembar validasi semua instrument penelitian. Pada penelitian ini dilakukan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji validitas dilakukan dengan cara memvalidasi kelayakan instrument penelitian yang dilakukan oleh 2 validator ahli. Uji efektifitas diperoleh dari jika minimal 80% total subjek tuntas. Uji praktisitas diperoleh dari angket respon peserta didik dan guru minimal memperoleh skala 4 dari total skala 5. Hasil penelitian diperoleh 1) tahap analisis terdiri dari menganalisis permasalahan yang dialami peserta didik dalam materi himpunan menganalisis kurikulum untuk menyesuaikan dengan produk yang akan dikembangkan dan menganalisis jenis smartphone yang digunakan peserta didik 2) tahap design terdiri dari perencanaan RPP tes formatif angket respon peserta didik dan guru storyboard LKPD berbasis mobile learning dan lembar validasi untuk semua instrument. 3) tahap development terdiri dari pembuatan tes formatif RPP LKPD berbasis mobile learning proses validasi instrumen penelitian dan revisi tahap awal 4) tahap implementasi terdiri dari penyebaran dan penginstalan produk LKPD berbasis mobile learning uji coba produk LKPD berbasis mobile learning mengerjakan tes formatif oleh peserta didik dan pengisian angket respon peserta didik dan guru 5) tahap evaluate terdiri dari menghitung hasil tes peserta didik untuk menentukan efektifitas produk dan menghitung hasil uji praktisitas yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263011 |
Actions (login required)
View Item |