Strategi generalisasi aljabar siswa Kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif / Iman Aniyatuz Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi generalisasi aljabar siswa Kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif / Iman Aniyatuz Zakiyah

Zakiyah, Iman Aniyatuz (2022) Strategi generalisasi aljabar siswa Kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif / Iman Aniyatuz Zakiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generalisasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang wajib dicapai oleh siswa SMA(Kemendikbud 2020). Untuk menentukan generalisasi aljabar diperlukan suatu strategi dan strategi yang digunakan dipengaruhi oleh faktor gaya kognitif dan tipe soal itu sendiri(Lannin dkk. 2006). Strategi generalisasi aljabar terdiri dari strategi rekursif dan eksplisit(Lannin dkk. 2006 Wilkie 2014) sedangkan gaya kognitif terdiri dari field dependent dan field independent(Woolfolk 2010). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi generalisasi aljabar yang digunakan siswa kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematis yang ditinjau dari gaya kognitif. Strategi generalisasi aljabar dalam penelitian ini adalah strategi rekursif dan strategi eksplisit. Strategi rekursif adalah strategi yang digunakan siswa dengan menentukan pola dari nilai suku sebelumnya untuk menentukan nilai suku selanjutnya. Sedangkan strategi eksplisit adalah strategi yang digunakan siswa dengan membangun aturan tertentu yang memungkinkan untuk penghitungan langsung berdasarkan informasi yang tersedia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Talun secara daring. Peneliti memberikan GEFT (Group Embedded Figure Test) kepada 33 siswa kelas XI kemudian dipilih siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent. Selanjutnya diberikan 2 soal generalisasi aljabar kemudian dipilih 4 subjek dari field dependent dan 4 subjek dari field independent. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mengorganisasi data mentranskrip dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif field dependent dan field independent memiliki kecenderungan untuk menggunakan strategi rekursif dalam menyelesaikan masalah generalisasi sederhana. Alur strategi rekursif yang digunakan dimulai dengan menentukan nilai terkecil menentukan pola berdasarkan nilai yang berurutan dan menggunakan pola untuk menentukan nilai yang lebih besar. Sedangkan masalah generalisasi kompleks subjek dari kedua gaya kognitif menggunakan strategi yang berbeda. Subjek field dependent memiliki kecenderungan menggunakan strategi rekursif dengan memulai menentukan nilai terkecil menentukan pola berdasarkan nilai yang berurutan dan menggunakan pola untuk menentukan nilai yang lebih besar. Subjek field independent memiliki kecenderungan menggunakan strategi eksplisit memulai dengan menentukan informasi dalam soal menghubungkan informasi yang telah diperoleh dengan operasi hitung perkalian dan penjumlahan dan menggunakannya untuk menentukan nilai suku yang lebih besar. Temuan penelitian ini yaitu (1)terdapat satu subjek field independent yang menggunakan strategi rekursif untuk menyelesaikan generalisasi kompleks yang berbeda dengan kebanyakan subjek field independent (2)hanya 3 subjek yang mampu untuk menentukan bahwa Rp7.000 merupakan biaya yang tidak berubah meskipun penggunaan internet selama 30 menit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 04:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263008

Actions (login required)

View Item View Item