Humaidi (2022) Pengembangan lembar kerja daring kolaboratif berbantuan geogebra berbasis discovery learning pada materi vektor / Humaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) seringkali dirancang secara berkelompok agar peserta didik dapat berkolaborasi dalam penyelesaiannya. Dengan adanya kolaborasi peserta didik dapat saling bertukar pikiran sehingga diharapkan dapat lebih mudah dalam memahami materi yang dianggap sulit sekalipun. Disamping itu menurut beberapa penelitian dan observasi awal di SMKN 1 Malang vektor pada dimensi tiga merupakan materi yang sulit dipelajari oleh peserta didik. Kesulitan peserta didik dalam membayangkan konsep vektor yang abstrak menjadi kendala utama saat pembelajaran vektor. GeoGebra merupakan salah satu media pembelajaran yang memiliki keunggulan utama yaitu memberikan representasi visual dari suatu konsep matematika. Beberapa LKPD berbantuan GeoGebra yang ada saat ini masih dirancang untuk pembelajaran tatap muka atau meskipun dilakukan secara daring namun penyelesaian LKPD masih dilakukan secara individu. Dengan adanya tren pembelajaran daring saat ini maka perlu dikembangkan LKPD yang dapat memfasilitasi pembelajaran daring secara berkelompok dengan tetap dapat memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh media GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja daring kolaboratif berbantuan media GeoGebra dan berbasis Discovery Learning pada materi vektor yang valid praktis dan efektif. Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang selain dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik juga dapat mendorong keterlibatan peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Kevalidan lembar kerja diukur menggunakan lembar validasi dan dilakukan oleh satu Dosen S2 dan S3 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang dengan kualifikasi pendidikan S3. Untuk mengetahui kepraktisan LKPD dilakukan uji coba pada 31 peserta didik Kelas XI AKL SMKN 1 Malang yang kemudian ditentukan berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran menggunakan lembar observasi dan hasil respon peserta didik melalui angket respon. Sedangkan untuk aspek keefektifan diukur menggunakan tes pada akhir pembelajaran. Berdasarkan data hasil validasi pada tahap Develop diketahui bahwa rata-rata persentase skor untuk semua indikator (komponen isi didaktik konstruksi teknis dan Discovery Learning) mendapatkan nilai 95 9% (sangat baik) sehingga dapat dikatakan valid. Hasil uji coba pada tahap Implement menunjukkan bahwa rata-rata persentase skor dari data lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan angket respon berturut-turut mencapai 95 3% (sangat baik) dan 85 6% (sangat positif) sehingga disimpulkan praktis. Sedangkan berdasarkan hasil tes diperoleh informasi bahwa sebanyak 25 peserta didik tuntas (ketuntasan klasikal 80 6%) sehingga dapat disimpulkan efektif. Meskipun penggunaan lembar kerja ini dapat memfasilitasi peserta didik untuk berkolaborasi dan memberikan efek positif terhadap hasil belajar mereka. Namun dalam penggunaannya perlu diperhatikan beberapa hal yaitu adanya keterbatasan simbol matematika pada lembar kerja Google Docs perbedaan tata letak tampilan lembar kerja pada beberapa jenis gawai/alat yang dipakai serta pengaruh kecepatan akses pada saat berpindah dari lembar kerja ke media GeoGebra atau sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263003 |
Actions (login required)
View Item |