Analisis penalaran matematis siswa sma dalam memecahkan masalah matematika tipe pisa / Yusfa Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penalaran matematis siswa sma dalam memecahkan masalah matematika tipe pisa / Yusfa Lestari

Lestari, Yusfa (2021) Analisis penalaran matematis siswa sma dalam memecahkan masalah matematika tipe pisa / Yusfa Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penalaran matematis adalah salah satu kemampuan dalam literasi matematika. Dimana kompetensi ini diukur oleh salah satu organisasi yang disebut PISA (The Programme for International Student Assessment). Berdasarkan data yang dihimpun dapat dinyatakan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa Indonesia secara umum adalah rendah dan jauh dari harapan padahal penalaran matematis merupakan salah satu aspek yang dianggap penting dan digunakan dalam pemecahan masalah pada siswa kehidupan nyata. Hal yang sama juga terlihat di SMA Negeri 4 Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkah hasil observasi awal terlihat bahwa siswa kelas XI yang berumur 16 belum mampu mengerjakan dengan baik dan benar soal-soal PISA yang mengukur penalaran matematis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penalaran matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Indikator dalam penelitian ini dikembangkan dari indikator penalaran matematis menurut PISA yaitu key understanding formulate employ dan interpret and evaluate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan. Peneliti memberikan soal tes PISA kepada siswa kelas XI MIA 3 yang berjumlah 20 orang kemudian peneliti memilih dua orang sebagai subjek yaitu S1 dan S2 untuk dilakukan wawancara mengenai hasil tes. Dua orang tersebut merupakan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis S1 dan S2 untuk konten space and shape dapat dikatakan tinggi karena semua subjek mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis hingga tahap menemukan solusi mengevaluasi dan menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk konten quantity S1 dapat melakukan penalaran matematis dengan baik hingga tahap terakhir dan memenuhi semua indikator. Sedangkan S2 tidak mampu memahami soal sama sekali yang artinya kemampuan pealaran matematis S2 untuk konten quantity tergolong rendah. Kemudian untuk konten ketiga yaitu change and relationships penalaran matematis untu S1 dan S2 tergolong rendah karena semua subjek tidak mampu melakukan tahap employ atau mengerjakan prosedur dengan benar yang mengakibatkan tidak mampu menemukan solusi yang tepat untuk soal konten change and relationships. Terakhir untuk konten uncertainty and data S1 mampu memenuhi ketiga indikator penalaran matmatis akan tetapi solusi yang diberikan masih kurang tepat walaupun demikian kemampuan penalaran matematis S1 untuk konten uncertainty and data masih dalam kategori sedang. Sedangkan S2 tidak mampu melakukan tahap employ dengan tepat sehingga tidak mampu menemukan solusi yang benar artinya kemampuan penalaran matematis S2 masih tegolong rendah. Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Bantaeng tergolong tinggi untuk konten space and shape tergolong sedang untuk konten quantity dan uncertainty and data dan tergolong rendah untuk konten change and relationships.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263002

Actions (login required)

View Item View Item